EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS: SIMPANG LAMPER, SIMPANG GAJAH, SIMPANG TLOGOSARI, DAN SIMPANG FATMAWATI SAAT JAM SIBUK)

Reynaldi, Tesar and Pascal K, Deni (2021) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS: SIMPANG LAMPER, SIMPANG GAJAH, SIMPANG TLOGOSARI, DAN SIMPANG FATMAWATI SAAT JAM SIBUK). Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
14.B1.0035-Tesar Reynaldi-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14.B1.0035-Tesar Reynaldi-BAB I_a.pdf

Download (332kB)
[img] Text
14.B1.0035-Tesar Reynaldi-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text
14.B1.0035-Tesar Reynaldi-BAB III_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14.B1.0035-Tesar Reynaldi-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14.B1.0035-Tesar Reynaldi-BAB V_a.pdf

Download (221kB)
[img] Text
14.B1.0035-Tesar Reynaldi-DAPUS_a.pdf

Download (273kB)
[img] Text
14.B1.0035-Tesar Reynaldi-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan transportasi seperti kemacetan, polusi udara, kecelakaan, antrian maupun tundaan sering dijumpai dengan tingkat kualitas yang rendah maupun besar. Permasalahan tersebut sering dijumpai di beberapa kota di Indonesia termasuk di kota Semarang. Jalan Lamper, jalan Gajah, jalan Tlogosari dan jalan Fatmawati merupakan salah satu jalan di Kota Semarang yang memiliki banyak simpang bersinyal. Tipe lingkungan jalan Lamper, jalan gajah, jalan tlogosari dan jalan Fatmawati merupakan daerah komersial, hal ini bisa dilihat dengan adanya pertokoan, pasar, bengkel, sekolah, dan rumah makan, yang mengakibatkan kemacetan pada jalan tersebut. Jarak persimpangan yang berdekatan juga menimbulkan tundaan yang cukup lama sehingga mengakibatkan kemacetan yang signifikan terutama saat jam sibuk. Dalam hal ini, muncul usulan untuk mengevaluasi kinerja simpang di kota Semarang agar lebih optimal, sehingga pengguna jalan mendapatkan tundaan dan panjang antrian yang minimum. Metode yang digunakan dalam studi penerapan ini adalah metode survey, antara lain survey volume lalu lintas, panjang antrian, tundaan, lebar geometri dan fase lampu. Hasil survey kemudian diolah dengan menggunakan rumus dari Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan menampilkan ilstrasi yang diolah dengan software Vissim 9. Hasil dari studi penerapan ini adalah didapatkan alternatif perbaikan simpang dan kinerja simpang yang lebih optimal, dengan derajat kejenuhan dibawah 0,75 dan penurunan panjang antrian serta tundaan. Kondisi lalu lintas sangatlah dinamis dan cenderung bertambah setiap tahunnya, sedangkan kapasitas jalan tidak mungkin lagi untuk ditambah dan perubahan geometrik pun sulit untuk dilakukan, maka perlu adanya sistem pengaturan lalu lintas yang lebih dinasmis, yang terintegrasi dan depat dikontrol sesuai kebutuhan pengguna jalan terutama persimpangan. Maka dari itu perlu kebijakan serius dan tegas dari pemerintah setempat untuk menekan pertambahan jumlah kendaraan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Transportation Engineering
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:09
Last Modified: 19 Apr 2021 03:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/24467

Actions (login required)

View Item View Item