PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK ATAS DASAR PERSEPSI SISWA DI SMP NEGERI 22 SEMARANG

FEBRIANY, INDAH (2013) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK ATAS DASAR PERSEPSI SISWA DI SMP NEGERI 22 SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.30.0190 Indah Febriany COVER.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.30.0190 Indah Febriany BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
09.30.0190 Indah Febriany BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
09.30.0190 Indah Febriany BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
09.30.0190 Indah Febriany BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text (BAB V)
09.30.0190 Indah Febriany BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.30.0190 Indah Febriany DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka menghadapi era globalisasi saat ini dan dalam kondisi seperti sekarang, seringkali ditemukan beberapa masalah yang menyebabkan banyak sekolah mengalami kegagalan, baik yang disebabkan oleh prestasi akademik siswa yang buruk maupun yang disebabkan oleh kurang baiknya hasil kerja dari sumber daya manusia yang ada pada sekolah tersebut, padahal harus diakui guru adalah faktor penting yang turut menentukan keberhasilan suatu sekolah. Guru memegang komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Judul dari penelitian ini adalah “PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK ATAS DASAR PERSEPSI SISWA DI SMP NEGERI 22 SEMARANG”. Berdasarkan latar belakang yang ada, rumusan masalah dalam penelitian kali ini adalah : (1) Bagaimana persepsi responden mengenai kompetensi guru di SMP Negeri 22 Semarang? (2) Bagaimana pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi akademik siswa di SMP Negeri 22 Semarang? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi responden terhadap kompetensi guru di SMP Negeri 22 Semarang. (2) Untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa di SMP Negeri 22 Semarang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk melakukan pengujian hipotesis. Obyek pada penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 22 Semarang, yang berlokasi di Jalan Raya Gunung Pati. Alasan dipilihnya dilakukan di SMP Negeri 22 Semarang adalah karena : Kompetensi merupakan komponen paling penting dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi peserta didik, semua guru di SMP Negeri 22 Semarang sudah tersertifiksi, namun belum ada penelitian yang meneliti bagaimana dampak sertifikasi para guru terhadap prestasi akademik siswa, peneliti di beri kesempatan untuk melakukan penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 22 Semarang dan jumlah populasi pada penelitian ini adalah 210 siswa. Dipilihnya siswa kelas 8 sebagai populasi penelitian karena siswa kelas 8 telah merasakan kompetensi guru. Jumlah populasi relative besar maka tidak semua populasi di jadikan sampel data penelitian ini. Maka penentuan jumlah anggota sampel dihitung dengan rumus slovin Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan melalui kuesioner. Kuesioner merupakan daftar pernyataan yang dibagikan kepada para siswa yang menjadi responden penelitian untuk diisi dan jawaban yang didapat digunakan sebagai alat untuk mengukur kompetensi guru. Data sekunder menggunakan dokumentasi beberapa hasil raport siswa. Dalam metode pengukuran data, digunakan skala Likert kemudian dilakukan pengujian Validitas dan Reliabilitas Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Tanggapan responden terhadap kompetensi guru yang terdiri dari : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial diperoleh hasil jawaban responden pada kategori tinggi. Prestasi akademik siswa SMP Negeri 22 Semarang memiliki nilai prestasi akademik 100% mencapai standar KKM diantaranya sebanyak 28 responden atau 20,29 % terlampaui standar KKM, dan sebanyak 110 responden atau 79,71 % tercapai standar KKM. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi akademik siswa kelas 8 SMP Negeri 22 Semarang sudah tercapai standar KKM. Saran yang dapat dikemukakan adalah: (1) Kompetensi guru dapat terus dijaga dengan terus mengikuti standarisasi guru yang kompeten berdasarkan ketetapan Dinas Pendidikan. Caranya agar kompetensi guru tetap sesuai dengan standarisasi ketetapan Dinas Pendidikan adalah dengan terus diadakannya pelatihan serta pengembangan untuk meningkatkan kompetensi guru yang ada. (2) Guru harus selalu meningkatkan kemampuannya baik itu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional serta kompetensi sosial yang ada, karena tantangan kedepan bahwa siswa akan semakin cerdas dan kreatif mengikuti perkembangan zaman yang ada. Caranya agar guru tetap meningkatkan kompetensi yang dimilikinya adalah dengan cara pihak sekolah terus mengadakan UKG (Ujian Kompetensi Guru) agar bisa terlihat bahwa kompetensi yang dimiliki guru tersebut terus meningkat serta berprestasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Perception
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 08 Sep 2015 21:10
Last Modified: 08 Sep 2015 21:10
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item View Item