PENGARUH KREDIBILITAS SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI DENGAN CUSTOMER PERCEIVED VALUE DAN SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PRODUK PAKAIAN CASUAL

Lukito, Liem Pamela (2019) PENGARUH KREDIBILITAS SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI DENGAN CUSTOMER PERCEIVED VALUE DAN SIKAP KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PRODUK PAKAIAN CASUAL. Masters thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
17.D3.0009 LIEM PAMELA LUKITO (3.01)..pdf COVER.pdf

Download (794kB)
[img] Text
17.D3.0009 LIEM PAMELA LUKITO (3.01)..pdf BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
17.D3.0009 LIEM PAMELA LUKITO (3.01)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
17.D3.0009 LIEM PAMELA LUKITO (3.01)..pdf BAB III.pdf

Download (662kB)
[img] Text
17.D3.0009 LIEM PAMELA LUKITO (3.01)..pdf BAB IV.pdf

Download (722kB)
[img] Text
17.D3.0009 LIEM PAMELA LUKITO (3.01)..pdf BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
17.D3.0009 LIEM PAMELA LUKITO (3.01)..pdf DAPUS.pdf

Download (440kB)
[img] Text
17.D3.0009 LIEM PAMELA LUKITO (3.01)..pdf LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada era sekarang, penggunaan internet di Indonesia semakin meningkat. Mayoritas masyarakat Indonesia (87,13%) menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Salah satu media sosial yang sedang tren dan banyak diminati orang adalah Instagram, yang mana ditemukan juga bahwa pemanfaatan SMI (Social Media Influencer) di Instagram tergolong tinggi (98,8%). SMI merupakan pihak ketiga yang mempengaruhi persepsi konsumen akan produk yang di-endorse. Salah satu produk yang menempati posisi pertama kategori produk yang sering dibeli online adalah pakaian. Gisella Anastasia, seorang SMI yang melakukan endorse pakaian casual, dianggap mampu memberikan rekomendasi bagi mereka yang ingin tampil modis tanpa terkesan berlebihan. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kredibilitas SMI mempengaruhi minat beli dengan mediasi secara parsial dari customer perceived value sebagai variabel intervening. Namun di sisi lain, penelitian lainnya menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap iklan mampu memediasi hubungan kredibilitas SMI terhadap minat beli konsumen. Maka dari itu pada penelitian ini akan diteliti lebih lanjut mengenai hubungan kredibilitas SMI terhadap minat beli pakaian casual melalui customer perceived value dan sikap konsumen terhadap iklan. Responden yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswi UNIKA Soegijapranata Semarang dengan kriteria usia minimal 18 tahun, menggunakan media sosial Instagram dan mengikuti Gisella Anastasia di Instagram. Alat untuk mengumpulkan data adalah kuesioner yang terdiri dari lima skala likert. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua indikator dan variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah valid dan reliabel. Statistik uji dilakukan dengan analisis regresi linier dan analisis jalur menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas SMI mempengaruhi customer perceived value (0,000<0,05), kredibilitas SMI mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan (0,000<0,05), kredibilitas SMI mempengaruhi minat beli (0,000<0,05), customer perceived value mempengaruhi minat beli (0,000<0,05), sikap konsumen terhadap iklan mempengaruhi minat beli (0,000<0,05). Berdasarkan uji sobel dan metode causal step, diketahui bahwa kredibilitas SMI mempengaruhi minat beli dengan mediasi parsial dari customer perceived value dan sikap konsumen terhadap iklan. Kata Kunci: Kredibilitas SMI, minat beli, customer perceived value, sikap

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Graduate Program in Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2020 04:16
Last Modified: 02 Oct 2020 02:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21119

Actions (login required)

View Item View Item