KANDUNGAN GULA DALAM JUS BUAH YANG DIJUAL DI KANTIN UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA DAN SEKITARNYA. SUGAR CONTENT IN FRUIT JUICES SOLD AT THE SOEGIJAPRANATA CATHOLIC UNIVERSITY CANTEEN AND SURROUNDING AREAS.

DEWI, GLORIANA NOVITA (2019) KANDUNGAN GULA DALAM JUS BUAH YANG DIJUAL DI KANTIN UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA DAN SEKITARNYA. SUGAR CONTENT IN FRUIT JUICES SOLD AT THE SOEGIJAPRANATA CATHOLIC UNIVERSITY CANTEEN AND SURROUNDING AREAS. Other thesis, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.

[img] Text
14.I1.0120 GLORIANA NOVITA DEWI (5.5)..pdf COVER.pdf

Download (373kB)
[img] Text
14.I1.0120 GLORIANA NOVITA DEWI (5.5)..pdf BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
14.I1.0120 GLORIANA NOVITA DEWI (5.5)..pdf BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
14.I1.0120 GLORIANA NOVITA DEWI (5.5)..pdf BAB III.pdf

Download (252kB)
[img] Text
14.I1.0120 GLORIANA NOVITA DEWI (5.5)..pdf BAB IV.pdf

Download (119kB)
[img] Text
14.I1.0120 GLORIANA NOVITA DEWI (5.5)..pdf BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
14.I1.0120 GLORIANA NOVITA DEWI (5.5)..pdf DAPUS.pdf

Download (199kB)
[img] Text
14.I1.0120 GLORIANA NOVITA DEWI (5.5)..pdf LAMP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jus buah merupakan minuman olahan yang terbuat dari buah-buahan segar. Pada umumnya dalam proses pembuatan jus buah yang dijual sering ditambahkan dengan gula dan susu kental manis untuk meningkatkan cita rasa, memperbaiki sifat fisik dan sebagai sumber kalori bagi tubuh. Pola konsumsi minuman dengan gula tambahan secara terus menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk itu perlu diketahui kandungan gula yang terdapat dalam jus buah dan amankah untuk dikonsumsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan gula maupun gula dan susu kental manis terhadap kandungan gula pereduksi dan kadar gula pada jus buah yang dijual di Kantin Universitas Katolik Soegijapranata dan sekitarnya. Dalam penelitian ini terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan meliputi penentuan lokasi, responden dan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kemudian dilakukan analisis situasi atau pengumpulan data di lima penjual jus buah di Kantin Universitas Katolik Soegijapranata dan sekitarnya yaitu penjual jus buah 1 (Chocobi), penjual jus buah 2 (Carissa Drink), penjual jus buah 3 (Warung Makan Bu Mumun), penjual jus buah 4 (Warung Makan Mbak Ru) dan penjual jus buah 5 (Jus Buah Cinta) untuk menentukan jenis jus buah berdasarkan yang paling diminati oleh konsumen, menentukan jenis jus yang akan dianalisis, mengetahui proses pengolahan jus buah dan mengukur berat komposisi bahan pembuatan jus buah. Penelitian utama dilakukan untuk mengukur kandungan gula dalam jus jambu biji dan jus alpukat yang meliputi analisis kandungan gula pereduksi dengan menggunakan metode Lane-Eynon dan pengukuran kadar gula sukrosa menggunakan alat brix refraktometer. Buah jambu biji dan alpukat dipilih dalam penelitian berdasarkan hasil survei jenis buah yang paling diminati oleh konsumen. Kemudian dari masing-masing buah tersebut dibagi menjadi tiga perlakuan jenis jus yaitu jus buah tanpa gula, dengan penambahan gula serta dengan penambahan gula dan susu kental manis. Data dianalisis menggunakan uji One Way Anova pada taraf 95% untuk melihat ada tidaknya perbedaan antar jenis jus buah terhadap kandungan gula pereduksi dan kadar gula jus jambu biji serta jus alpukat. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penambahan gula dan susu kental manis memberikan pengaruh terhadap kandungan gula pereduksi dan kadar gula antar jenis jus buah yaitu semakin tinggi konsentrasi gula dan susu kental manis maka kandungan gula pereduksi dan kadar gula sukrosa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 24 Mar 2020 03:31
Last Modified: 01 Oct 2020 06:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/21046

Actions (login required)

View Item View Item