STUDI PERSEPSI, PENGETAHUAN, DAN KONSUMSI AIAR MINUM OLEH WARGA DI RW 04 DAN RW 05 KELURAHAN KARANGREJO SEMARANG MENURUT KELOMPOK USIA ANAK-ANAK, REMAJA, DAN DEWASA

WIDHI A., EMILIA SEKUNDINA (2017) STUDI PERSEPSI, PENGETAHUAN, DAN KONSUMSI AIAR MINUM OLEH WARGA DI RW 04 DAN RW 05 KELURAHAN KARANGREJO SEMARANG MENURUT KELOMPOK USIA ANAK-ANAK, REMAJA, DAN DEWASA. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
07.70.0037 EMILIA SEKUNDINA WIDHI A. - COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (BAB 1)
07.70.0037 EMILIA SEKUNDINA WIDHI A. - BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB II)
07.70.0037 EMILIA SEKUNDINA WIDHI A. - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text (BAB III)
07.70.0037 EMILIA SEKUNDINA WIDHI A. - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
07.70.0037 EMILIA SEKUNDINA WIDHI A. - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB V)
07.70.0037 EMILIA SEKUNDINA WIDHI A. - BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.70.0037 EMILIA SEKUNDINA WIDHI A. - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07.70.0037 EMILIA SEKUNDINA WIDHI A. - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada beragam pilihan jenis air minum yang dapat dikonsumsi yaitu Air Matang, Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), dan Air Minum Isi Ulang (AMIU). Setiap anggota keluarga di RW.04 dan RW.05 Kelurahan Karangrejo Semarang merupakan konsumen produk air minum, termasuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui karakteristik responden, persepsi, pengetahuan, dan pola-perilaku konsumsi, (2) mengetahui hubungan antara karakteristik responden dengan sumber air minum, pola konsumsi, persepsi, dan pengetahuan (3) mengetahui korelasi antar pernyataan persepsi dan pengetahuan. Metode pendekatan cross sectional dilakukan secara point time approach pada penelitian survei ini. Metode pengambilan sampel bertingkat dipilih untuk menentukan jumlah responden penelitian di RW.04 dan RW.05. Alat pengambilan data berupa pra kusioner telah diujikan kepada 46 responden, selang 30 hari kemudian kuisioner utama yang sudah sahih dan reliabel diujikan kepada 202 responden di RW.04 (38 anak-anak, 31 remaja, dan 133 dewasa) dan 229 responden di RW.05 (46 anak-anak, 34 remaja, dan 149 dewasa). Analisis data menyajikan data primer penelitian secara deskriptif, lalu data diuji menggunakan Uji Kendall’s tau-b dan Crosstabs Phi pada SPSS 16 untuk mengetahui korelasi antar karakteristik responden dengan variabel lainnya, serta data diuji menggunakan Uji Spearman untuk mengukur hubungan antar pernyataan persepsi dengan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) atribut mutu “rasa” pada air minum menduduki peringkat pertama, diikuti oleh “kejernihan” dan ”bau”, (2) ada hubungan beda nyata antara umur responden dewasa dengan persepsi suhu air minum, dimana semakin tua usianya maka semakin tinggi pula suhu air minum yang dikonsumsinya (p ≤ 0,01), (3) ada hubungan kuat antara pernyataan pola konsumsi air minum dengan pernyataan kualitas organoleptik air minum (p ≤ 0,01) oleh responden remaja di RW.05. Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan responden menghubungkan cara pandang persepsi mereka mengenai produk air minum secara umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 21 Jan 2020 05:01
Last Modified: 13 Jun 2022 06:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/20644

Actions (login required)

View Item View Item