AN ANALYSIS OF THE JARGON USED IN ONLINE GAMES

WIJAYA, ANDREAS (2011) AN ANALYSIS OF THE JARGON USED IN ONLINE GAMES. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
07.80.0022 Andreas Wijaya -COVER.pdf

Download (639kB)
[img] Text (BAB 1)
07.80.0022 Andreas Wijaya -BAB 1.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
07.80.0022 Andreas Wijaya -BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3 available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
07.80.0022 Andreas Wijaya -BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text (BAB 4 available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
07.80.0022 Andreas Wijaya -BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
07.80.0022 Andreas Wijaya -BAB 5.pdf

Download (89kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.80.0022 Andreas Wijaya -DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07.80.0022 Andreas Wijaya -LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Jargon adalah bagian dari ilmu Sosiolinguistik. Jargon adalah bahasa yang berhungan dengan pekerjaan dan merupakan bahasa yang rahasia., sehingga bahasa itu hanya ada di dalam lingkungan pekerjaan dan hanya orang yang bekerja dalam bidang yang sarna yang daput memahaminya. Penulis menemukan adanya Jargon di percakapan Game Online. Penelitian ini diarahkan untuk menemukan jargon yang digunakan di percakapan Game Online, lalu menganalisanya dari Semantik untuk menemukan arti denotasi dan konotasi, dan dari segi morfologi untuk menemukan proses pembentukan kata. Jadi, penelitian dilakukan di domain Sosiolinguistik, Semantik, dan Morfologi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data dikump-ulkan dengan mencari di dalam percakapan game online. Dalam hal ini data disahkan oleh para pemain MMORPG, RTS, dan FPS. Penulis menemukan 73 jargon. Penulis menemukan 23 jargon (30%) yang memiliki arti konotasi negatif, 27 (36%) jargon yang memiliki arti konotasi positif, dan 26 (34%) jargon yang memiliki arti netral. For word formation process, there are 30 jargons (40%) with one process, and then 39 jargons (52%) with mUltiple processes, and finally 6 jargons (8%) with no process. Untuk proses pembentukan kata, ada 26 jargon (34%) dengan satu proses, lalu 41 j~rgon (58%) dengan proses ganda, dan yang teFakhir 6 jargon (8%) dengan tidak melalui proses apapun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:27
Last Modified: 25 Apr 2019 06:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/19034

Actions (login required)

View Item View Item