KEDUDUKAN GOVERNING BODY PADA RUMAH SAKIT PANTI RAPIH PASCA UNDANG-UNDANG RUMAH SAKIT NO. 44 TAHUN 2009 SERTA PERMENKES NO. 755 TAHUN 2011 TENTANG PENYELENGGARAAN KOMITE MEDIK DI RUMAH SAKIT

SULISTIYO, BASILIUS AGUNG (2013) KEDUDUKAN GOVERNING BODY PADA RUMAH SAKIT PANTI RAPIH PASCA UNDANG-UNDANG RUMAH SAKIT NO. 44 TAHUN 2009 SERTA PERMENKES NO. 755 TAHUN 2011 TENTANG PENYELENGGARAAN KOMITE MEDIK DI RUMAH SAKIT. Masters thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
10.93.0064 Basilius Agung Sulistiyo COVER.pdf

Download (707kB)
[img] Text (BAB 1)
10.93.0064 Basilius Agung Sulistiyo BAB 1.pdf

Download (709kB)
[img] Text (BAB 2 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
10.93.0064 Basilius Agung Sulistiyo BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3 (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
10.93.0064 Basilius Agung Sulistiyo BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
10.93.0064 Basilius Agung Sulistiyo -BAB 4.pdf

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.93.0064 Basilius Agung Sulistiyo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
10.93.0064 Basilius Agung Sulistiyo LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10.93.0064 Basilius Agung Sulistiyo LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan sebuah lembaga yang kompleksitasnya sangat tinggi sehingga memungkinkan terjadinya konflik baik interen, maupun ekstem. Guna menyelesaikan konflik-l(onflik yang mungkin terjadi, rumah sakit perlu memiliki seperangkat aturan internal yang disebut dengan Hospital Bylaws atau Peraturan Internal Rumah Sakit. Rumah Sa kit yang didirikan oleh swasta, menurut ketentuan Pasal 7 ayat (4) UURS, harus berbentuk badan hukum yang kegiatan usahanya hanya bergerak di bidang perumahsakitar.. Hal ini menjadikan kendala bagi badan hukum Yayasan yang mempunyai badan usaha rumah sakit untuk melaksanakan kewenangannya sebagai governing body. maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kedudukan Governing Body pasca pemberlakuan UURS dan Permenkes 755 dalam pengelolaan Rumah Sakit Panti Rapih. serta untuk mengetahui upaya Yayasan Panti Rapih mempertahankan posisinya sebagai pengelola tunggal Rumah Sakit Panti Rapih. Metode penelitian adalah yuridis normatif. Aspek yang diteliti adalah aspek hukum tentang kedudukan governing body di rumah sakit berbadan hukum Yayasan. termasuk juga memaparkan. menggambarkan atau mengungkapkan kedudukan Direktur dan Komite Medis. Penelitian ini menggunakan data sekunder kepustakaan. Analisis data adalah kualitatif. Bahan-bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan. Bahan-bahan hukum sekunder berupa rancangan peraturan-peraturan perundang-undanga:1. hasil karya ilmiah para sarjana. hasil-hasil penelitian; serta bahan hukum tersier berupa bibliografi. Penelitian ini menguraikan Bentuk Badan Hukum Rumah Sakit, Badan Hukum Pemilik Rumah Sakit, dan Badan Hukum Pengelola Rmah Saki!, termasuk juga data sekunder yang bersifat pribadi berupa Statuta Yayasan Panti Rapih. AD-ART Rumah Sakit Panti Rapih. Hospital Bylaws Rumah Sakit Panti Rapih. Medical Staf Bylaws Rumah Sa kit Panti Rapih. Rumah Sakit Panti Rapih belum memenuhi UURS untuk menjadi rumah sakit berbentuk badan hukum. sehingga masih merupakan rumah sakit milik badan hukum Yayasan Panti Rapih. Kedudukan Governing Body di Rumah Sakit Panti Rapih masih dipegang oleh Pengurus Yayasan sebagai wakil dari Pemilik. Yayasan Panti Rapih memanfaatkan Kepmenkes '264 dalam memperpanjang izin operasional sebagai rumah sakit swasta yang berbadan hukum Yayasan, dan tidak membuat Rumah Sakit Panti Rapih menjadi berbentuk badan hukum Perseroan Terbatas, sehingga Yayasan Panti Rapih tetap sebagai pengelola tunggal Rumah Sakit Panti Rapih .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 345 Criminal law > Medical Law
300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Graduate Program in Master of Law
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 05 Mar 2019 04:37
Last Modified: 05 Mar 2019 04:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/18207

Actions (login required)

View Item View Item