Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Deliver, Service, And Support (Studi Kasus pada PT Widautama Semarang)

Wibowo, Jenny Marcella (2018) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Deliver, Service, And Support (Studi Kasus pada PT Widautama Semarang). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
14.G1_0165 Jenny Marcella Wibowo.COVER.pdf

Download (588kB)
[img] Text (BAB I)
14.G1_0165 Jenny Marcella Wibowo.BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
14.G1_0165 Jenny Marcella Wibowo.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
14.G1_0165 Jenny Marcella Wibowo.BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
14.G1_0165 Jenny Marcella Wibowo.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14.G1_0165 Jenny Marcella Wibowo.BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.G1_0165 Jenny Marcella Wibowo.DAPUS.pdf

Download (908kB)

Abstract

Di era modern ini, teknologi informasi berkembang semakin cepat dan memberikan berbagai kemudahan. Menyadari akan manfaat serta kemudahan yang ditawarkan teknologi informasi, banyak perusahaan di seluruh dunia menggunakan teknologi informasi dan menjadikannya sebagai bagian utama dari perusahaan agar dapat meringankan aktivitas sehari – hari perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tata kelola serta manajemen teknologi informasi yang telah diterapkan pada PT Widautama Semarang yang telah memanfaatkan teknologi informasi menggunakan COBIT 5 domain Deliver, Service, and Support (DSS). PT Widautama Semarang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan, dengan produk utama cat tembok dan cat dekoratif. Teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan memberikan hasil berupa gambaran atas tata kelola teknologi informasi dan kondisinya di PT Widautama yang dapat dimanfaatkan oleh pihak – pihak terkait. Analisis ini mengungkapkan masalah berupa pernyataan dan kesimpulan kondisi perusahaan berdasarkan domain DSS. Observasi, interview dengan daftar pertanyaan, dan dokumentasi digunakan dalam penelitian ini sebagai metode untuk memperoleh data. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, dapat disimpulan bahwa tata kelola TI PT Widautama Semarang mencapai capability level 1 (performed process), dimana proses tata kelola TI dilaksanakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan ketika diperlukan saja, tanpa adanya proses pengelolaan tata kelola TI lebih lanjut. Dengan demikian, PT Widautama Semarang perlu mengelola TI dan tata kelolanya dengan lebih baik dan teratur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Information System
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:29
Last Modified: 05 Jul 2018 08:29
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16577

Actions (login required)

View Item View Item