PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK KELAS 1-3 SD DENGAN MEDIA PENDUKUNG TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

SUSANTO, IWAN (2018) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF PEMBELAJARAN RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK KELAS 1-3 SD DENGAN MEDIA PENDUKUNG TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text (BAB II)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB III)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB V)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.13.0038 Iwan Susanto (0.4%).DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Di daerah Jawa Tengah kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan yang masih sangat sering terjadi dijalan raya. Bahkan di kota Semarang tiap tahunya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas masih sangat tinggi dan tiap harinya tercatat kurang lebih 10 kasus kecelakaan yang melibatkan anak dibawah umur. Faktor terbesar kecelakaan lalu lintas yang masih sering terjadi disebabkan oleh faktor pengendara yang tidak tertib dan tidak memahami rambu-rambu lalu lintas. Oleh karenanya pembelajaran rambu-rambu lalu lintas sejak dini memang sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengurangi angka kecelakaan tersebut. Namun pembelajaran rambu-rambu lalu lintas di kota Semarang dianggap masih kurang efektif karena sama sekali tidak ada buku pelajaran yang membahas mengenai rambu-rambu lalu lintas. Hal tersebut merupakan faktor yang menghambat jalanya kegiatan pembelajaran rambu-rambu lalu lintas yang menyebabkan masih banyak murid yang tidak memahami rambu-rambu lalu lintas. Tidak adanya penggambaran fungsi dari rambu-rambu lalu lintas dijalan raya juga menjadi penyebab murid-murid sulit untuk memahami pembelajaran rambu-rambu lalu lintas. Oleh karenanya buku interaktif pembelajaran rambu-rambu lalu lintas yang didukung teknologi Augmented Reality amat cocok untuk digunakan sebagai tambahan buku pelajaran. Melalui buku interaktif tersebut murid-murid dapat lebih mudah mempelajari rambu-rambu lalu lintas karena ada pembahasan serta ilustrasi didalamnya. Selain itu melalui teknologi Augmented Reality murid-murid dapat memiliki gambaran mengenai fungsi dari rambu-rambu lalu lintas dijalan raya. Kata Kunci: Kecelakaan lalu lintas, pembelajaran rambu lalu lintas, buku interaktif, teknologi augmented reality, murid-murid, rambu lalu lintas, jalan raya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 343 Military, defense, public property, tax, trade & industrial law > Traffic regulation
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Engineering of Roads and Railroads > Highway
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 21 Jun 2018 05:06
Last Modified: 23 Jun 2021 07:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/16308

Actions (login required)

View Item View Item