PENERAPAN METODE CHAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU MENYIKAT GIGI PADA ANAK INTELLECTUAL DISABILITY

Perwitasari, Ratih (2017) PENERAPAN METODE CHAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU MENYIKAT GIGI PADA ANAK INTELLECTUAL DISABILITY. Masters thesis, Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text
08.92.0059 Ratih Perwitasari COVER.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.92.0059 Ratih Perwitasari BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
08.92.0059 Ratih Perwitasari BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
08.92.0059 Ratih Perwitasari BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.92.0059 Ratih Perwitasari BAB IV.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.92.0059 Ratih Perwitasari BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.92.0059 Ratih Perwitasari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.92.0059 Ratih Perwitasari LAMPIRAN.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran tentang pengaruh salah satu modifikasi perilaku yaitu metode chaining yang diperkenalkan oleh Skinner pada perilaku menyikat gigi anak dengan disabilitas intelektual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode chaining dalam meningkatkan perilaku menyikat gigi pada 3 anak dengan disabilitas intelektual. Ada 14 tahap dalam menyikat gigi yang dilatih dengan menggunakan metode Chaining. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penerapan metode chaining dapat meningkatkan kemampuan perilaku menyikat gigi pada anak dengan disabilitas intelektual. Desain penelitian ini menggunakan model A-B-A follow up. Subjek dari penelitian ini adalah tiga anak dengan disabilitas intelektual. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan cek list berdasarkan task analysis perilaku menyikat gigi. Analisis data penelitian yaitu menggunakan analisis kuantitatif Wilcoxon Signed Rank Test dan analisis kualitatif menggunakan analisis deskriptif dari perubahan grafik dan observasi saat baseline, treatment, pasca treatment/baseline II dan follow up serta pembahasan hasil penelitian. Proses treatment pada masing-masing subjek dilakukan sebanyak 9 kali. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan perilaku menyikat gigi pada anak dengan disabilitas intelektual dari sebelum diberikan treatment dan setelah diberikan treatment, maka hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode chaining efektif meningkatkan kemampuan perilaku menyikat gigi pada anak disabilitas intelektual. Kata Kunci : Metode chaining – Disabilitas Intelektual – Perilaku Menyikat Gigi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Graduate Program in Psychology
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:03
Last Modified: 18 May 2022 02:30
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item View Item