Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Astrinika, Rika (2017) Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
08.60.0100 Rika Astrinika COVER.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
08.60.0100 Rika Astrinika BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
08.60.0100 Rika Astrinika BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
08.60.0100 Rika Astrinika BAB III.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
08.60.0100 Rika Astrinika BAB IV.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
08.60.0100 Rika Astrinika BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.60.0100 Rika Astrinika DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh corporate social responsibility dan mekanisme corporate governance terhadap nilai perusahaan. Ada 4 fenomena mengapa penelitian ini penting untuk diteliti. Pertama, pengungkapan CSR oleh perusahaan karena kinerja sosial merupakan hal yang cukup penting bagi citra (reputation) perusahaan, terutama untuk jangka panjang perusahaan yang dapat memberi kontribusi cukup berarti dalam pengembangan berkelanjutan bagi perusahaan. Kedua, CSR saat ini bukan lagi bersifat sukarela/ komitmen yang dilakukan perusahaan dalam mempertanggungjawabkan kegiatan perusahaannya. Ketiga, Pengungkapan CSR dapat dikaitkan dengan corporate governance. Gagasan utamanya adalah good corporate governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik adalah mewujudkan tanggung jawab sosial atau CSR. Keempat, dari ke 3 fenomena diatas maka membuat para peneliti terdorong untuk meneliti pengaruh dari pengungkapan CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan. Hasil dari penelitian tersebut terkadang memberikan hasil yang berbeda – beda, sehingga masih menjadikan perdebatan. Hal inilah yang menarik untuk diteliti. Dengan menggunakan sampel perusahaan manufaktur terdaftar di BEI tahun 2011-2015, penelitian ini memberikan hasil bahwa (1) Corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (4) Dewan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (5) Komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 26 Oct 2017 04:47
Last Modified: 02 Sep 2021 03:40
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item