PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING

WIBISONO, VITUS ANDIKA GUNAWAN (2008) PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.60.0035 Vitus Andika GW COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.60.0035 Vitus Andika GW BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB II)
03.60.0035 Vitus Andika GW BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB III)
03.60.0035 Vitus Andika GW BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (BAB IV)
03.60.0035 Vitus Andika GW BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text (BAB V)
03.60.0035 Vitus Andika GW BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.60.0035 Vitus Andika GW DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
03.60.0035 Vitus Andika GW LAMPIRAN.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah partisipasi penyusunan anggaran, kinerja manajerial, ketidakpastian lingkungan, dan gaya kepemimpinan. Partisipasi merupakan suatu cara yang efektif dalam proses pencapaian tujuan, sedangkan kinerja manajerial adalah kemampuan manajer dalam melaksanakan tugas dan mencapai tujuan perusahaan sebagaimana yang ditetapkan dalam anggaran yang disusun secara partisipasi. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya tergantung pada kematangan dalam proses perencanaan ( penyusunan anggaran ). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa partisipasi penganggaran akan berpengaruh terhadap kinerja manajer dan variabel ketidakpastian lingkungan dan gaya kepemimpinan merupakan variabel moderating yang akan menguatkan pengaruh partisipasi penganggaran terhadap kinerja manajerial. Alasan pemilihan topik penelitian ini karena selain untuk menambah bukti empiris mengenai topik ini , adalah untuk membuktikan adanya hubungan pengaruh antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Selain itu penulis juga ingin membuktikan apakah variabel ketidakpastian lingkungan dan gaya kepemimpinan akan menguatkan pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, khususnya pada perusahaan manufaktur berskala besar yang terdapat di kota Semarang. Data yang dipergunakan untuk penelitian ini, dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada perusahaan manufaktur berskala besar yang terdaftar di BPS Semarang. Dimana kuesioner tersebut diisi oleh middle manajer. Perusahaan yang berhasil dihubungi sebanyak 18 perusahaan dengan total kuesioner yang kembali sebanyak 48 kuesioner. Data yang telah terkumpul, kemudian diolah dengan bantuan Program Komputer SPSS, dan pengujian hipotesis dengan uji regresi. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa koefisien regresi adalah positif (1,376) dengan tingkat signifikansi t PPA 0,000 < 0,05 ini berarti bahwa partisipasi anggaran mempunyai pengaruh terhadap kinerja manajerial, jadi hipotesis 1 diterima. Pada hipotesis 2, koefisien regresi adalah positif ( 0,013 ) dengan tingkat signifikansi t KL PPA 0,000 < 0,05 ini berarti bahwa ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, jadi hipotesis 2 diterima. Pada hipotesis 3, koefisien regresi adalah positif (0,017) dengan tingkat signifikansi t GK PPA 0,000 < 0,05 ini berarti bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial, jadi hipotesis 3 diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 13:38
Last Modified: 30 Mar 2017 13:38
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13594

Actions (login required)

View Item View Item