PENGARUH KARAKTERISTIK SASARAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN BUDAYA PATERNALISTIK DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah )

ARSHITA, GINA NIA (2006) PENGARUH KARAKTERISTIK SASARAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN BUDAYA PATERNALISTIK DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah ). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
02.60.0051 Gina Nia Arshita COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02.60.0051 Gina Nia Arshita BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB II)
02.60.0051 Gina Nia Arshita BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (BAB III)
02.60.0051 Gina Nia Arshita BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB IV)
02.60.0051 Gina Nia Arshita BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (BAB V)
02.60.0051 Gina Nia Arshita BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
02.60.0051 Gina Nia Arshita LAMPIRAN.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik sasaran anggaran terhadap kinerja manajerial dengan budaya paternalistik dan komitmen organisasi sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah para manajer level menengah dan menejer level bawah pada perusahaan manufaktur berskala besar di Jawa Tengah. Dari 120 kuesioner, kuesioner yang kembali hanya 112 kuesioner dan yang dapat digunakan dalam analisis data hanya 106, sedangkan 6 kuesioner tidak digunakan karena jawaban tidak lengkap. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari jawaban responden pada kuesioner yang dikirim langsung pada perusahaan. Sebelum melakukan analisis data, peneliti melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap 106 kuesioner. Untuk menunjukkan sejauh mana kuesioner tersebut dapat dipercaya dan diandalkan. Dari hasil uji validitas dengan bantuan SPSS tampak bahwa nilai rhitung > rtabel (0,191) maka instrumen variabel penelitian tersebut valid. Untuk uji reliabilitas yang digunakan dengan bantuan SPSS menunjukkan bahwa semua variabel penelitian adalah reliabel karena koefisien Alpha yang lebih besar dari 0,6. Regresi yang digunakan untuk menganalisa data adalah regresi linear untuk menguji pengaruh karakteristik sasaran anggaran terhadap kinerja manajerial. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa karakteristik sasaran anggaran berpengaruh signifikan pada 0,003 < 0,05 yang mengindikasikan bahwa hipotesis pertama diterima. Sig t untuk interaksi karakteristik sasaran anggaran dengan budaya paternalistik terhadap kinerja manajerial sebesar 0,036 < 0,05 berarti hipotesis dua diterima, dan untuk interaksi karakteristik sasaran anggaran dengan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial nilai signifikansi sebesar 0,041 < 0,05 sehingga hipotesis tiga diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Karakteristik sasaran anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, Interaksi karakteristik sasaran anggaran dan budaya paternalistik berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajer dengan arah negatif, dan Interaksi karakteristik sasaran anggaran dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajer.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:01
Last Modified: 30 Mar 2017 08:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item View Item