PREFERENSI,TINGKAT KONSUMSI DAN KERAGAMAN PERSEPSI SENSORIS PRODUK COKLAT BATANG DI KALANGAN SISWA-SISWI SMU SEDES SAPIENTIAE SEMARANG

Vonny, - (2007) PREFERENSI,TINGKAT KONSUMSI DAN KERAGAMAN PERSEPSI SENSORIS PRODUK COKLAT BATANG DI KALANGAN SISWA-SISWI SMU SEDES SAPIENTIAE SEMARANG. Other thesis, Prodi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
04.70.0087 Vonny COVER.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
04.70.0087 Vonny BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB II)
04.70.0087 Vonny BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (BAB III)
04.70.0087 Vonny BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB IV)
04.70.0087 Vonny BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (BAB V)
04.70.0087 Vonny BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.70.0087 Vonny DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
04.70.0087 Vonny LAMPIRAN.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Preferensi konsumen terhadap makanan merupakan ukuran kesukaan konsumen terhadap makanan yang dikonsumsinya. Tingkat konsumsi produk atau penggunaan produk diukur dengan pengukuran frekuensi atau jumlah/tingkat mengkonsumsi. Persepsi merupakan proses dimana seseorang memilih, mengorganisasikan, mengartikan masukan informasi untuk menciptakan suatu gambaran yang berarti dari suatu objek. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat konsumsi dan preferensi terhadap coklat batang yang ada di pasaran , (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi terhadap produk coklat batang hubungannya dengan uji fisik dan sensoris (3) memberikan rekomendasi bagi industri pangan berkaitan dengan karakterisrik produk. Sampel bahan yang digunakan adalah beberapa merk coklat batang yang merupakan kesukaan dan pilihan para responden (Vanhouten, Cadbury, Silverqueen, Delfi dan Toblerone). Coklat berasal dari kata xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Dalam perkembangannya, coklat tidak hanya menjadi minuman tetapi juga menjadi snack yang disukai anak-anak, remaja maupun dewasa. Alat-alat yang digunakan dalam uji ini adalah texture analyzer sedangkan responden yang diteliti adalah remaja SMU SEDES SAPIENTIAE. Data penilaian responden dikumpulkan berdasarkan penyebaran kuisioner, kemudian data preferensi dan konsumsi akan dianalisa menggunakan Microsoft Excel 2003 sedangkan data keragaman sensori akan dianalisa menggunakan Cluster analysis program Statistica 6.0 yang akan menghasilkan Dendogram dan Amalgamasi. Penerimaan sensori konsumen di kalangan remaja SMU, ini menunjukkan adanya variabel-variabel yang perlu lebih diperhatikan dalam mengembangkan produk coklat batang diantaranya variabel tekstur dan rasa. Penerimaan responden terhadap karakteristik sensori produk ini akan mempengaruhi tingkat konsumsi dan pemilihan serta persepsi terhadap coklat batang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mr Andika Margahadi
Date Deposited: 10 Nov 2016 03:14
Last Modified: 10 Nov 2016 03:14
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item View Item