STUDIES ON YOUNG ADULT CONSUMER PERCEPTION AND ACCEPTANCE TOWARD INTRINSIC ATTRIBUTES OF OATMEAL PRODUCTS IN SEMARANG

LAKSANAWATI, AGUSTINA PRASETYA (2005) STUDIES ON YOUNG ADULT CONSUMER PERCEPTION AND ACCEPTANCE TOWARD INTRINSIC ATTRIBUTES OF OATMEAL PRODUCTS IN SEMARANG. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
Agustina K.L COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Agustina K.L BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB II)
Agustina K.L BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB III)
Agustina K.L BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text (BAB IV)
Agustina K.L BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB V)
Agustina K.L BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Agustina K.L DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Agustina K.L LAMPIRAN.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Kebanyakan orang Indonesia menganggap nasi sebagai makanan pokok mereka sehingga sereal-sereal selain nasi menjadi kurang populer. Salah satu dari serealsereal tersebut adalah Oatmeal yang justru memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Melihat kebiasaan di Barat untuk mengkonsumsi Oatmeal sebagai sarapan pagi, produk-produk Oatmeal juga telah memasuki pasar Indonesia. Saat ini sebagian besar konsumen Oatmeal adalah orang dewasa dan manula. Diharapkan dengan adanya riset ini, diharapkan semua pertanyaan yang berhubungan dengan kebiasaan mengkonsumsi dan pendapat para dewasa muda mengenai Oatmeal dapat terjawab. Tujuan dari studi ini adalah untuk menyelidiki persepsi dan penerimaan para dewasa muda di Semarang pada atribut-atribut intrinsik produk Oatmeal, seperti warna, aroma, tekstur, rasa (cara penyajian) dan Kesehatan / Nutrisi. Riset ini menggunakan metode Focus Group Discussion yang merupakan riset konsumen secara kualitatif untuk mengetahui kesukaan konsumen, atribut-atribut penting dari sebuah produk, dan kebiasaan atau perilaku konsumen, sehingga perilaku konsumen di masa depan dapat diprediksi. FGD diadakan melalui empat sesi (selama dua jam), yang masingmasing sesi dihadiri oleh 9-10 peserta. Hasil menunjukkan bahwa ada suatu penolakan untuk mengkonsumsi Oatmeal oleh para responden karena mereka cenderung untuk hanya mengisi perut mereka dan jarang memperhatikan kesehatan mereka. Di sisi lain, pendidikan tentang nutrisi saja terbukti tidak efektif kecuali didukung oleh kemampuan untuk mendapatkan makanan yang sehat dan perubahan perilaku seseorang. Ada beberapa atribut yang secara signifikan mempengaruhi penerimaan konsumen. Atribut-atribut ini adalah rasa, aroma dan warna. Oat masih belum dapat menggantikan nasi sebagai makanan pokok bagi para dewasa muda Semarang. Oatmeal masih dianggap sebagai pengganti sarapan pagi yang cepat atau sebagai cemilan. Oatmeal masih dipandang sebagai makanan yang mahal terutama bagi para dewasa muda yang belum bekerja. Oatmeal masih memerlukan banyak peningkatan rasa dan penampakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 19 Oct 2016 03:56
Last Modified: 19 Oct 2016 03:56
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item