PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PENTINGNYA BELAJAR HIDUP MANDIRI BAGI ANAK USIA 2-4 TAHUN

Tjandra, Tjioe, Stephanie (2016) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PENTINGNYA BELAJAR HIDUP MANDIRI BAGI ANAK USIA 2-4 TAHUN. Other thesis, Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.13.0021 Tjioe, Stephanie Tjandra COVER.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.13.0021 Tjioe, Stephanie Tjandra BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB II)
11.13.0021 Tjioe, Stephanie Tjandra BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB III)
11.13.0021 Tjioe, Stephanie Tjandra BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text (BAB IV)
11.13.0021 Tjioe, Stephanie Tjandra BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
11.13.0021 Tjioe, Stephanie Tjandra BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0021 Tjioe, Stephanie Tjandra DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Kemandirian merupakan aspek kehidupan manusia yang harus dilatih mulai dari anak usia dini agar tidak menghambat tugas-tugas perkembangan selanjutnya. Masa kritis perkembangan kemandirian berlangsung pada usia 2-4 tahun. Dan keluarga merpakan lingkungan pertama bagi anak yang memegang peran penting dalam meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini. Dalam keluarga,orang tua mempunyai peran penting dalam pengasuhan terutama mengajarkan hidup mandiri bagi anak mereka. Namun dengan semakin berkembangnya zaman dan adanya fenomena keluarga modern pada Strata A, terjadi permasalahan dalam hal mendidik kemandirian pada anak. Jika permasalahan ini terus berlanjut, akan meningkatkan peluang anak menjadi anak yang manja dan terus bergantung pada orang lain. Tujuan dari perancangan proyek akhir ini adalah merancang sebuah kampanye sosial yang dapat memberikan pemahaman dan edukasi mengenai pentingnya belajar hidup mandiri bagi anak usia 2-4 tahun yang dapat mempengaruhi para orang tua agar bersikap lebih aktif sehingga terjadi sebuah perubahan perilaku.orang tua dalam mendidik kemandirian anak. Dalam proses perancangan ini menggunakan metode wawancara, video logging, serta quisioner onlineuntuk mengetahui isu dan fakta yang ada serta mengetahui pola kebiasaan orang tua secara langsung. Permasalahan mendidik anak untuk belajar hidup mandiri ini masih disepelekan oleh orang tua, maka dengan adanya pemahaman dan edukasi mengenai pentingnya belajar hidup mandiri bagi anak usia dini, yang disertai solusi penanganan yang tepat, akan membentuk para orang tua menjadi lebih aktif, cerdas dan bijak dalam mengatasi permasalahan mendidik anak untuk hidup mandiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Personality
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Mr Ign. Setya Dwiana
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:40
Last Modified: 24 Feb 2023 07:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

View Item View Item