ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIKA AVON (STUDI KASUS PADA PT. AVON INDONESIA CABANG SEMARANG JL. KH. A. DAHLAN 7 SEMARANG)

HANDAYANINGSIH, SANTI (2001) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIKA AVON (STUDI KASUS PADA PT. AVON INDONESIA CABANG SEMARANG JL. KH. A. DAHLAN 7 SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
97.30.3274 Santi Handayaningsih COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
97.30.3274 Santi Handayaningsih BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3274 Santi Handayaningsih BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img]
Preview
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3274 Santi Handayaningsih BAB III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3274 Santi Handayaningsih BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3274 Santi Handayaningsih BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3274 Santi Handayaningsih DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
97.30.3274 Santi Handayaningsih LAMPIRAN.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

A VOD merupakan satu mata rantai jariDgan pemasaran produk kosmetika yang dibasilkan oleh PT. Avon yang berpusat di New York Amerika Serikat untuk memasarkan produk Avon meDggunakan sistem penjualan direct selling yang pertama. Perrnasalahan yang dirumuskan daJam.penelilian ini adaJah bahwa Avon sebagai agen penjuaJan kosmetika yang ~hggunakan sistem direct selling pertama di dunia, sekaraDg ini ;i • .w.paf'11ariYal\"pesai~n berdasarkan basil pra survai yang dilakukan pen ' 'tefIiJl5f1)abwa loYMi~ urnen I respondeD terhadap Avon masih kurpn karena mereka menyatakan m . i menggunakan produk kosmelika lain dalF perawa'5 sebari-llari terutama tao wajab. Tujuan penelilian ini ScalI1l lDDWlVya;tu mengidenlitikasi faktol faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pmdIIi< kosmetiki: Av deDgan meDggunakan anaIiSlS faktor untuk sel~ menentukan ilktor yan ing dominan yang m'eoroengarulji keputusaD ~ produk oeme . Avon, supaya Avon me;!lOettimbangkan hal IImebu sbhingga d!>Pat' IIJI getahui keinginan konsurn "/. sehin ga ,koosumeD selal )IUIIIggIU1akan prod AVOD untuk perawatao 50 ari -hari _ ) I I I Penelilian dil,AIruka9 d, PT AVOILcabang Senwang n. KH. '"t ' hlan 7 Semarang. Penentua okasi elilian QeDE!)!l ""rtimbangan lokas, penelilian terletak di pusat kota emarang belufn pelnab-diadakan penelilian<mcDgenai Faktor -Faktor yang Me P!'Dgaruhi epijjiis.m.j'.embelian Prod Kosmetika A VOD. Jumlah sampel seB yak 100 respoDqen, dengan pen bilan sampel menggunakan metode acak ~erbana (simple 'random ~;n ). yaitu sebuah sampel yang d,amb,l sede . sehingga~hap DgguDll Avon mempunyai kesempatao yang sama un tlipifih-tiObilgai sampel. Data yang digunakan daJam penelilian ini adalah data primer yang diperoleb dari sumber langsung bail< dari individu atau perorangan sepetti basil wawancora atau hasil kuesioner yang berisi pemyataan - pemyataan dengan diberi altemalif jawaban dengan menggunakan skala likert sehagai skala pengukurarmya. Data primer daJam penelilian ini adalab data tentaog tanggapan responden ( pengguna produk Avon) terbadap kosmetika Avon yang mereka gunakan. Metode analisis data yang digunakan daJam penelilian ini adaJah ANALISIS FAKTOR. Analisis Faktor adalab anal isis untuk mcnyederhanakan variabel - variabel kompleks dan saling berhubungan yang diamali menjadi faktor bersama yang pada awaJnya lidak kelih.tan jika variabel saling berbubungan. Aualisis faktor mencari kemungkinan babwa variabel -variabel yang telab dikwnpuIkan bisa diekstniksi menjadi sejwnlah keeH faktor yang jumlahnya belwn bisa ditentukan dengan pasti sebelumnya. Artinya peneliti tidak mengetahui jumlah faktor yang mewakili variabel - variabel yang nilainya telab dikwnpulkan dan masing -masing variabel termasuk faktor yang mana. Penelitian ini akan mengidentifikasi dan membahas faktor -faktor yang mempengarubi keputusan pembelian produk kosmetika Avon. Sebagai berikut : Faktor 1 : Prom .. ~ meliputi variabel PRM20 ( Promosi door /0 door ), PROD4 ( Produk baru menarik untuk dicoba ), PRM 17 ( Brosue untuk menarik konsumen ), PRM19 (Bonus ). Faktor 2 : Merek, meli ti1'RO;r(Memp~errn~~ (Merek teekenal ), MRXI~( ~a Avon mndah diingat). Faktor 3 : P L meliP~ (Aman ), PROD7 (K.;k" PROD2 ( Kelengkajian ), DSN (Kem ..... ) Faktor 4 : HRG 12 ( Pembay Faktor 5 : iklim), HRG9 (sesuai J'emodabaD, meliput! PR0D1 ),P7\ ,IkllDJ - ruaian, ~~.( Dis"JD ), PRO osur ). :-:=::' /' Faktor 6 :Kebaagga ,.JDeliil!lti MRK 15 (keban MRK14 (Logo lebib menarik ,... ....... , ......... -........ .:uL ... _ ' , g ), (sesuai Dari Ire - 6 faktor tersebut dapt diketahui faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetika Avon di Kantor Cabang Avon Semarang yaitu faktor 1 bemama faktor Promosi dengan persentase tertinggi sebesar 28,7 %. Berdasarkan penemuan dari basil analisis faktor, maka saran diberikan dengan melibat loading terbesar dari masing - masing faktor yaitu dilibat dari basil anal isis faktor, bahwa temyola faktor 1 yang merupakan faktor paling dominan, dibarapkan pihak Avon untuk mengadakan promosi secara besar - besaJan, promosi yang lebib menarik untuk menambah minat beli konswnen, supay. mereka loyal techadap Avon terutama promosi door /0 door, selain penjual lehib mudah memperagakan, snasan.nya pun santai karena bebos dari gangguan pramuniaga I pengunjung lain. Calon konsumeo pun mudah terbujuk setelab meJibat langsuog kelebihao produk; hal yang tidak mungkio dilakukan dalam penjualan via kalalog, media TV, dan ikJan komersial. -

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > Decision Making
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 09:57
Last Modified: 25 May 2016 09:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9495

Actions (login required)

View Item View Item