ANALISIS PENGARUH LOYALITAS DAN IKLIM ORGANISASIONAL TERHADAP INDIKASI TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA HOTEL CIPUTRA SEMARANG

PRASETYO, FRANCISKUS EKO (2003) ANALISIS PENGARUH LOYALITAS DAN IKLIM ORGANISASIONAL TERHADAP INDIKASI TURNOVER INTENTION KARYAWAN PADA HOTEL CIPUTRA SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
97.30.3254 Franciskus Eko Prasetyo COVER.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
97.30.3254 Franciskus Eko Prasetyo BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3254 Franciskus Eko Prasetyo BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3254 Franciskus Eko Prasetyo BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3254 Franciskus Eko Prasetyo BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3254 Franciskus Eko Prasetyo BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3254 Franciskus Eko Prasetyo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
97.30.3254 Franciskus Eko Prasetyo LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keinginan karyawan untuk tetap tinggal atau keluar dari perusahaan (turn over) dipengaruhi oleh beberapa aspek penting antara lain sikap loyalitas kayawan pada tempat dan bidang pekerjaan yang ia tekuni. Pada suatu perusahaan sikap loyalitas sangatlah penting baik itu loyal pada perusahaan maupun loyal terhadap pekerjaannya karyawan dituntut untuk memberikan segala kemampuannya bagi kemajuan perusahaan, tetapi juga sebaliknya perusahaan dituntut untuk dpaat selalu mengayomi atau membuat karyawan mempunyai rasa saling memiliki perusahaan sehingga karyawan akan merasa cocok dan kerasan untuk tetap tinggal diperusahaan. Seandainya karyawan tesebut keluar ka diharapkan dalam jangka waktu yang lama (jangka panjang kuran lebih lima samQai sepuluh tahun). Aspek lain yang mempengaruhi keinginaaryawan untuk tetap inggal atau keluar dari perusahaan dan juga menduku g loyalitas karyawan adalah i*iim organisasionaI. Iklim organisasional menetukan bagi ka~awAl1 untuk tetap ti ggaI atau keluar dari perusahaan. Jika eorang katyawan merasa c ok terhadfl l iklim organisasionaI perusahaan ant~ra lain bidang pekerjaannya, rekan kerja, K, ndisi lingkungan kerja dan lain-lain yang berkaitan dengan ik 'm organisasional maka Jelas karyawan akan kerasan dan Ine utuskap untuk tetap tinggal diperusahaan. Oleh karena hal-hal diatas serta aid g oleh data yang ada, penulis melihat tingkat turn 0 er yang' tinggi dah penulis ingin menganalisa~n~a serta bagaimana dampaknya lJagi Hotel Ciputra Semar,ang. Berdasarkan keadran tersebut diatas penulis terta i untuk membuat peneIitiaIL yang b~rjudul " nalisis Pengaruh Loyalitas Dan klim Q)rgagisasional Terhadap Indikasi Turnover, ihtention Karyawan Pad a Hotel Cip ~Fa Semarang~~. Pembatasa masalah ima: sudlEan--agar penyusuna dipahami. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah : a. Berhentinya seseoranp sebagai karyawan Hotel Ciputta Semarang, baik dipecat atau keluar secara' s , ar-ela. b. Masalah dibatasi berhentinya k~awan ada level Executive assistance manager sampai pada level rank andfile i, di Hotel Ciputra. Penelitian ini mengambil lokasi di Hotel Ciputra yang terletak dikawasan simpang lima di Kota Semarang. Pemilihan lokasi ini dikarenakan sesuai dengan pra survey yang dilakukan,diketahui bahwa di hotel ciputra ,pengendalian turnover karyawannya rendahlbelum baik. Dan obyek penelitiannya meliputi seluruh karyawan yang bekerja di Hotel Ciputra Semarang. Sedangkan yang menjadi populasi adalah karyawan hotel ciputra semarang pada setiap departemen mulai dari rank dan file 1 sampai pada Executive assistance manager, yang pada saat ini berjumlah 180 orang, yang merupakan karyawan tetap. Untuk menentukan jumlah sampel kami menggunakan teknik simple random sampling artinya semua anggota populasi mempunyai kesempatan yang sarna untuk dipilih menjadi sam pel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: 1. Pada umumnya kondisi iklim oranisasional di Hotel Ciputra Semarang baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tanggapan karyawan atas iklim organisasional adalah 163,82 yang berada pada rentang skala antara 136-167 yang berarti setuju dengan iklim organisasional pada saat ini. Karyawan mampu mencikapi peraturan kerja dengan baik yang juga didukung oleh prosedur kerja yang baik danjelas. 2. Pada ulnumnya karyawan Hotel Ciputra Semarang pada saat ini mempunyai loyalitas yang tinggi' pada perusahaan dan pekerjaan yang mereka tekuni. Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa skor mengenai loyalitas karyawan pada Hotel Ciputra Semarang adalah sebesar 164,33 yang berada pada rentang skala 136-168 tennasuk kriteria setuju. Para karyawan Hotel Ciputra Semarang mempunyai kemauan untuk melaksanakan kedisiplinan sesuai dengan yang digariskan pad a aturan tata cara kerja. Dimana e eka mau melaksanakan keharusan dan penjauhan larangan, taat jam Kerja masulE oan eruar kantor, rajin melaksanakan tugas dengan dedikas yang tingg;, taat pada peri ta bertanggung jawab dalam melaksanakan t as yang diberikan pada mereka. 3. Pada dasamya aryawan Hotel Ciputra Semarang tida mempunyai keinginan untuk keluar dan Hotel Ciputra Semarang, paling tidak dalam jangka menengah. Hal ini da at dilihat dari nilai ta,-rata tanggapan ka awan atas turnover karyawan yaitu 142,5 yang berarti s tuju untuk tinggal .dan me ilih untuk tetap bekerja di otel Oiputra Semar;l!lg .. Hal ini dapaf dikataKa bahwa turnover karyawan i otel iputra Semarang r nab. 4. Adanya p garuh iklim organisasional dan loyalitars dengan keinginan secara bersama-s rna adalah seb8! aimana ditunjukkan oleh F . ung (18,814) > Ftabel. Hasi signifikansi uji -F sebesar 0,000 juga menunjuk an nilai yang jauh lebih kecil ari 0,05. Hal ini beFarti ahwa hip tesis yan~ enyarankan bahwa loyalitas dan iklim organisasion ~mpunyai pen gar 11 bersama-sama atas turnover karyaw3n p'ada Hotel eiputra Semarang. 5. Berdasarkan data turnover Hotel Giputra Semarang ya g dikatakan cukup tinggi, ternyata dari hasil p neli ian keinginan karyawa un1 k keluar dari Hotel Ciputra Semarang rendah dan 15erarti lurnove - yaj\! a rendali. Kemungkinan besar yang terjadi aoa al1 1:5ahwa 47,7% keinginan karyawan untuk keluar atau tinggal dari Hotel Ciputra Semarang dipengaruhi oleh iklim organisasional dan loyalitas. Sedangkan selebihnya 52,3% turnover karyawan dipengaruhi oleh varian-varian lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Organizational Commitment
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 09:57
Last Modified: 25 May 2016 09:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9488

Actions (login required)

View Item View Item