PROFIL PERSAINGAN SANITAS PER AQUA CENTER DALAM PERSEPSI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA SPA SUSAN, SPA MARTHA TILAAR DANS PA ODISEUS/GRAND CANDI SEMARANG)

MULYANTI, IMA (2002) PROFIL PERSAINGAN SANITAS PER AQUA CENTER DALAM PERSEPSI KONSUMEN (STUDI KASUS PADA SPA SUSAN, SPA MARTHA TILAAR DANS PA ODISEUS/GRAND CANDI SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
97.30.3215 Ima Mulyanti COVER.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB I)
97.30.3215 Ima Mulyanti BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3215 Ima Mulyanti BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3215 Ima Mulyanti BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3215 Ima Mulyanti BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3215 Ima Mulyanti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3215 Ima Mulyanti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
97.30.3215 Ima Mulyanti LAMPIRAN.pdf

Download (337kB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah memhawa manusia kepada kebidupan yang lebih modem dengan !unMan kebutuhan yang lebib kompleks. Pertumbuhan dunia usaha banyak diikuti dengan berdirinya perusahaan, baik perusahaan jasa dan non jasa. Secara umum rujuan perusahaan adalah untuk memaksimalkan laba serta meningkatkan penjualan bagi keberlangsunagn perusahaan. Perusahaan diharapkan dapat menarik konsumen dan membentuk konsumen sebagai pelanggan yang setia, maka perusahaan harus berusaha untuk dapat mempertahankan reputasi mereka sebagai bisnis yang bermutu lebih tinggi. Dengan begitu banyak perusahaan yang didirikan menyebabkan meningkatnya persaingan antar perusahaan. Untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat. pemikiran yang berorientasi kepada konsumen perlu ditetapkan. Hal ini menyamakan sudul Randang antara perusahaan dengan sudut pandang konsumen. Sering t<:!jadi ~?~ang bagi perusahaan dianggap sebagai suatu faktor yang pentin d ifultp apat menarik konsumen untuk membeli tetapi bagi ko sumen-faKttr terseDuAiiangg"!l!o tidak penting dan tidak menimbulkan mina tdk membeli lproduk tersebut. S ~konsumenpun pada suatu waktu dap,afperubab, tetapi ~WI!.l i~ dapat memiiPfkan pduang bagi perusahaan azatjfii peruZaha apat mengaImslpasmya den' bertlOdak leblh aktif. 'I Mem ami keb an dan =" k'onsumen adaJah enJ1!' an dasar bagi sua1i'U rusabaan tuk dapat .. ' eberhasilan pe~asaraJr oduk atau jasa prod kare pemasaran meJU kegiatan '\.Yari& di6 an untuk memuaSki butuh dan k' . 1<01l§J!!DIIII. Hal inii;' adi ~da perusahaan yang menjt produk (lan jasa ~ k nsunfen ,SqlClrti salon ecanti~ . Pa masa sekarilng iDi semakin-b.nYak kita j pai b""1'iknya salonsalon kecan an di k'l.ta-Kola ~esar. :JJi kOla-kdta "'Jkhususnya i Semarang sekarang iiu, I semakin bimyak bennunculon rumab kecanti salon yang menawarkan capainya imp·i~ P8J&~ta-t~ebut./ Dal d~a kecallli,!<antlan~ ter\IS berJrembang ~ dewasa ini beberap salon ada di ko s.em~l\Dtm<iain ~(Ola, Jimy, Jovani, 2001, Johoy Andr • Andy. ,,:]e's, Martha Tilaar, Su an Odiseus. Tetapi banya salon Susan, ¥ Tdaar d.n Odi yaJ meDyadiakan dan menawark~ perawat S _ ~ Aj\.Ul - knik bidroterapi dan aromaterapL Spa adalall merupakan teknik peDgobatan dan perawatan tubuh dengan memanfaatkan air sebagai mediator dan dikenal dengan istilah hidroterapi. Penerapan Spa modem, teknik ini mengalami penyempwnaan teknik hidroterapi yang dikombinasikan dengan aromaterapi yang menciptakan teknik berendam dengan air yang telah dicampur dengan berbagai jenis minyak esensial yang beraroma dalam bentuk tunggal maupun campuran sesuai dengan kebutuhan dan diselingi dengan metode pemijatan. Tujuan dan Spa ini pada wnumnya, yakni menciptakan keseimbangan tubuh dan pikiran, mengendurkan Ol"ol-otot yang tegang, memperJancar aliran darah, scrta membuat pikim atan emosi lebih tenang. Salon-salon memiliki perbedaan standar kualitas produk barangnya, barga yang bersaing dan salon juga menciptakan kebersihan tempatnya, pelayanan, keramaban klllYawan, kelengkapan alat, penalaan ruanga.n, keamanan, penggunaan bahan kosmetik serta tenaga.-tenaga terdidik dan terampil, sehingga perusahaan harus menciptakan keunggulan agar memiliki daya saing. Oleh karena itu pene1iti mengambil judul "Profil Persaingan Spa Center Dalam Persepsi Konsumen (Studi Kasus pada Spa Susan, Martha Tilaar dan Odiseus di Semarang). Untuk. mempeljelas masalah peoelitian, maka pemilis merumuskan masalah penelitian sebagai berikut : I. Apakah terdapat perbedaan persepsi terhadap produk di antam konsumen Spa Susan, Spa Martha Tilaar dan S Odiseus di Semarang ? 2. Apakab terdapat perbedaan p . terhadap barga di antara konsumen Spa Susan, Spa Martha TilMIA Spa isellS d' Semaraug? 3. Apakab terdapat p edaan - si te'ilI.lIap- a anan di antara konsumen Spa Susan, Spa~a Til"" dan Spa O;diseus di S orang 7 4. Apakab te !laC perbedaan j= . erbadap 10kaSi . antarn konsumen Spa Susan, ~ila Martha '!)Jaai aan ~a Odi~i s,ernar]? Ad.puo ~ju,,1>.tnelitian jn1 adalab : " ~ I. Unt~yn:g.tahui Odanya pclbedaaa persepsi rertladap p uk di antara kon~~ Spa.suF' Spa Manila ~ dan Spa Od\1eus .di S~arang. 2. Untuk enge~ui adanya pa;Ili:daan persepsi t~aaap ~arna di antara kons Spa S san, Spa MortIla Tilaar clan Spa Odis.u~eIi Se araug. 3. un~eng~ adanya wlldaan pqscpsi terbadap pelay an di antarn kon Spa S san, ;>po artholihllln! Spo Odi~ di S~g. 4. Un ~engetali i .iliuYt,perbedaan peneps! teIflad.p I~ si eli .nlara konsumen,Spa SUSI!!l, Spa Mortba Tilaar dan-Spa Odiseus di Slf"arang. Pen~ili membat.Si hanya/ pada...,salon Susan~artba Tilaar dan Odiseus yang ada di ~g, k~a baoya k4-!ig;Jru~fuebutp"9J i!enyediakan dan menaworkan p~an tubu1t-kh'W's y~pa dengan t . aromaterapi dan hidroterapi ~] Populasi d _~enelitian ini" a alab on,wn I pdanggan yang melakukan perawat ~ .... M i1aar dan Odiseus di Semarang. Lokasi usan di erp~imUI 2 Semarang; Martha Tilaar berlokasi di Bangkong PIasa Biok A-lO n. Brigjend Katamso Semarang; Odiseus berlokasi eli JI. Sisingamaugaraja Semarang (Grand Caneli Hotel). Jumlab populasi yang diteliti berjumlab 70, jumlab masing-masing Spa adalab Spa Susan berjumlab 28, Spa Martha Tilaar beljumlab 23 dan Spa Odieus beljumlab 19 orang. Mengingat jumlab populasinya keeil, maka dalarn penelitian ini digunakan teknik sensus dan seluruh anggota popuJasi dijadikan sampeJ (Santoso, Singgih 2001 : 80) Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumbemya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalab wawancara dengan responden dan pimpinan perusahaan, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalab Kruskal-WaJlis yaitu tes yang berguna untuk menentukan apakah k sampel independen berasaJ dan populasi-populasi yang berbeda Pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. HasH perhitungan menunjukkan babw. X, hitung (25,5463) > X, tabel (5,991) maka dapat diketahui bahw8. terdapat perbedaan persepsi terhadap produk di antara konsumen Spa Susan, Spa Martha Tilaar dan Spa Odiseus di Semarang. 2. HasH perhitungan menunjukkan babw. X, hitung (28,2573) > X, tabel (5,991) rnaka dapat diketabui babw. terdapa! perbedaan persepsi terhadap harg. di antam konsumen Spa Susan. Spa Martha Tilaar dan Spa ' Odiseus di Semarang. 3. H.sil perhitungan menunjukkan babwa X, hitung (33,4468) > X' t.bel (5,991) rnaka dapat diketabui babwa tcr~ perbedaan persepsi terh.d.p pel.yanan d~ antara konsumen Spa S...," S~a Tilaar dan Spa Odisells d. Sem.rang. ~ ~ ~ 4. HasH perhitungan rl",unjukkan X, ;(t5,68;14) > X, t.bel (5,991) maka dapat "ketahui bahwa p=''''-i terhadap lokasi di anlara .Jilaa an Spa Odiseus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 02:22
Last Modified: 25 May 2016 02:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9472

Actions (login required)

View Item View Item