ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN PADA PT. KINGASRI PRATAMA SEMARANG

BAYUADI, MADE LAKSANA AGUNG (2004) ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN PADA PT. KINGASRI PRATAMA SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
97.30.3035 Made Laksana AB COVER.pdf

Download (428kB)
[img] Text (BAB I)
97.30.3035 Made Laksana AB BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3035 Made Laksana AB BAB II.pdf

Download (758kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3035 Made Laksana AB BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
97.30.3035 Made Laksana AB BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text (BAB V)
97.30.3035 Made Laksana AB BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
97.30.3035 Made Laksana AB DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
97.30.3035 Made Laksana AB LAMPIRAN.pdf

Download (119kB)

Abstract

Perkembangan dunia otomotif pada saat ini sangat pesat sekali, didukung dengan tingginya kebutuhan masyarakat tentang transportasi. Maka banyak orang yang melakukan bisnis dibidang transportasi. Dari perkembangan otomotif tersebut tidak terlepas dari beberapa industri lain sebagai pendukung. Dalam hal ini PT KINGASRI PRA T AMA marupakan suatu perusahaan dibidang pembuatan karet kompon ban. Untuk memasarkan produknya PT KINGASRI PRATAMA menggunakan system direct selling. Mengingat adanya perusahaan lain yang sarna, iklim persainganpun semakin tajam. Setiap perusahaan tidak lagi bersaing dalam ruang lingkup yang kecil, melainkan ruang lingkup yang luas. Oleh karena itu perusahaan perlu mencari suatu strategi yang tepat untuk dapat bertahan dalam menghadapi persamgan. Permasalahan yang dihadaRi P. INGASRI..PRA T AMA adalah naik turunnya volume penjualan yang diselSabkan l(arena aoanya e . ng yaitu PT PENT ASARI PRANAKARYA ,dimana perusahaan ~ENTASARI P AKARYA menciptakan produk yang sarna yan · mempunyai mutu sarna baiknya. WaIaupundaiam hal ini PT PENTASARI PRANAiKARYA masih belum bisa enggo ahkan kedudukan PT KING ASRI sebagai pemegang karket .share dalam ~rusaliaan et kompon ban yang menggunakan system direct selling. Namun kedudukan Pll ENTSARI dirasa cukup membahaya an bagi elangsungan lfidu PT KING SRI RAT AMA. Berdasarkan latar belakang diatal maiea perumus masal yang dapat diambil adalah strategi perusah88l\ apa yang sebaitrnya digunikan oleh PT KINGASRl PRA T AMA di Sem ang dalam menghadapi pesaing. Pada penertiin ini permasalahan dibatasi pada produ tama yaitu kom~ bJl). Tujuan dari pepelitian ini adalaJi-untilk meneAtukan strat~ yang sesuai dengan PT KINGASRI PRA T AMA di Semarang aaf ini dalam menghadapi persaingan. Adapun jenis jenis data y,ang dilakukan adalah data ,. mer yang berupa kondis eksternal - internal perusahaan . Teknik pengumpulan data aug diQCfgunakan pemilik, karyawan serta juga dengan kuesiaoner. Teknik analisis data yang, dipergunakan pertama menilai kondisi eksternal perusahaan dengan Matrik EF AS. Kedua menyusun factor - factor strategi internal dalam tabel IF AS. Ketiga menyusun Matrik profil kompetitif untuk mengetahui posisi relative perusahaan yang dianalisis, dibandingkan perusahaan pesaing. Kemudian dari hasil tersebut dimasukkan dalam matriks SWOT. Hasil analisis SWOT yang dilakukan peneliti terhadap factor internal PT KINGASRI PRA T AMA didapat bahwa kekuatan yang dimiliki terletak pada variasi jenis produk yang ditawarkan, promosi door to door keperusahaan-perusahaan transportasi, perekrutan karyawan, penetapan harga, potongan harga / discount, kebijakan pembayaran, bonus, system direct selling, pelayanan, dukungan keunagan untuk pengembangan perusahaan. Sedangkan untuk kelemahan yang dimiliki PT KINGASRI PRATAMA ada pada inovasi produk baru, kemasan, brosur, merek, pemberian pelatihan karyawan, kebijakan kompensasi, kualitas produk, dukungan keuangan untuk rna salah pengembangan perusahaan. Untuk factor Et{sternal PT KINGASRI PRA T AMA terdapat peluang perkembangan teknologi untuk industri, penggunaan teknologi untuk system penjualan, pelanggan. Sedangkan factor ancaman yang dimiliki adalah krisis ekonomi, inflasi, dan munculnya pesaing barn. Dengan membandingkan kekuatan dan kelemahan, total kekuatan 2 dan untuk peluang 2,4. Sedangkan untuk kelemahan 0,75 dan ancaman 0,41. Sehingga dalam hal ini PT KINGASRI PRA T AMA terletak pada posisi SO (Strengths Opportunities). MatrikSWOT IF AS STRENGTHS (S) WEAKNESSES (W) EFAS OPPORTUNITIES (0) THREATS (T) Sumber: SWOT mengembangkan memaksimalkan pel.mggan dari PT KINGASRI kemsan melalui penggtJ~m.. tetap kompetitif. Hal ini U"'~U"\.lJ""U' memenuhi kebutuhan selera rnt'., .. .,.!'! STRATEGIWO Ciptakan strategi yang meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan strategi yang kelemahan dilakukan adalah jaringan untuk 111 ... '"UG ..... "' ..... , produk mutu produk atau b. Kualitas produk dari segi mutu produk lebih ditingkatkan agar tidak kalah dengan kualitas produk milik pesaing dengan cara mengurangi campuran bahan baku yang dapat mengurangi kualitas produk c. Menciptakan produk barn yang lebih inovatif dengan teknologi yang mutakhir untuk segmen orang kelas menengah keatas. d. Menetapkan harga produk yang lebih kompetitif dan tetap teIjangkau dengan tujuan agar tidak kehilangan pelanggan e. kemasan diperbarni menjadi lebih menarik, unik dan elegan baik dari segi bentuk dan warnanya agar menambah "nilai lebih" pada produk sekaligus menambah "prestise" bagi pemakainya. Selain itu dapat juga menciptakan produk dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih praktis agar harganya pun tetap teIjangkau konsumen. f Menetapkan kebijakan kompensasi barn yang lebih menarik para karyawan / marketing baik dari segi diskon untuk agen 30010 dan system intensif pendapatan tambahan bagi karyawan sebesar 5% dengan hadiah undian setiap bulannya berupa uang tunai untuk omset tertentu yang dicapai karyawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 25 May 2016 02:03
Last Modified: 25 May 2016 02:03
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9383

Actions (login required)

View Item View Item