PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TEGEL BETON SRIE DI KLATEN JAWA TENGAH

MULYANINGSIH, TRI (1999) PENGARUH PENGEMBANGAN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TEGEL BETON SRIE DI KLATEN JAWA TENGAH. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1364 Tri Mulyaningsih COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1364 Tri Mulyaningsih BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University))
92.30.1364 Tri Mulyaningsih BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University))
92.30.1364 Tri Mulyaningsih BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University))
92.30.1364 Tri Mulyaningsih BAB IV.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1364 Tri Mulyaningsih BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1364 Tri Mulyaningsih DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)

Abstract

Dsngan adanya kondisi sekarang ini dimana persai~gan dalam dunia us aha semakin ket~t, maka untuk rne.nghadapi situasi dan keadaan. yang demikian pe.ngusaha harus mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepzt agar pe!"t.!sahaan yang didirikan dapat ber'kembang dengan bai}: . T: ngk.r;t per saingan juga tercermin p~d a perusahaan tegel. 'Yai tu masuknya perusahaan-perusahaan tegel c.li pa=: ara n. P~ngusaha yang tela~ma rnenjalankar. usaha:1ya h2rlJ ~ s:lalu. wospada ~. ~~ persaingan i ni, sel,url ~t u Juga h.i~S: a L.'S~~ perkembangar: tek:101ogi dan 5 !'era konsun,ten., J..:£r~~ semaki n banyak merak dan :ienis teget ~ang bereda~ pasaran, maka konsumen ~ ~h lelu a*Ba a Jir'-.memili!l j\~ ·5 produr.: tegel yang di " duksi semak~ fe.ng~_ am o le h bis!1is keram' d,an entunya konSl...!m~ ~ka~~mi lih dengan te . prod k yang a n diguna an . t~ebl...!t. Konsumen dar tmemb~lanjakan a~~ bi~sanya ak-2n l~ mbeli produk yang . asa£kan da t , mf1u?-IlI.bulkan epuNi yang sesuai dsngi- ebu uhan, ke~ gin3n 1ijan sel am ' ka . Masala enge angan produk me.rupakan masal yang semakin 5 rius cfu.h,\C1api oleh per ~' ' aan. engan melakukan pen rnbang~n produk dimunqkJ.n n p . ahaan tidak hanya kedar mengal}t-i-.sfp5s.i p~. ahan rilaku konsumen, ta · ~u9 a mamt).u _.!-m.iihp~ dan rn konsumen pa ~" p~odu - -proQ~' yang ~ diciptakannya efkat I , kejeli n da '( / kemampuan memanfaatkan pelua 4;z,p - ang yang g,a ng tercipta oleh perkembangan t~~1 ~n~~ t pe at sekarang ini dan di masa datang . iren~n ernikian mereka akan mampu memimpin perusahaannya agar tetap dapat menj2wab tantangan dan tuntutan jaman, sehingga mampu berkembang. Oleh karena itu, peranan pengembangan produk sang at penting bagi perusahaan untuk mempertahankan posisi per saingan, memenuhi selera konsumen dan meningkatkan volume penjualan. Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan perlu mengadakan pengembangan produk, sebab dalam melakukan pengembangan produk rlimungkinkan perusahaan dapat mengantisipasi perubahan perilaku konsumen dan mampu mengarahkan konsumen pada produk yang diciptakannya, agar perusahaan dapat menarik minat dan memenuhi selera konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualannya Dengan selalu mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi, perusahaan dapat mengetahui adanya kesempatankesempatan baru yang barasal dari belum terpenuhinya kebutuhan konsumen, sehingga bisa dikembangkannya produk sesua:. dengan selera rnereka. Di Klaten terdapat beberapa peI'llsahaan tegel yang mampu memproduksi berbagai macam tegel, hal ~ni mendorong perusahaan "Beton · Srie" untuk me-Jingkatkan penjualan. Adapun upaya untuk meningkatkan penjuclan adalah dengan car a pengemban~ an produk, agar !.Jerusahaan dapat merebut pasar dari pesaingnya serta menciptakan dan memperta hankan pel anggan. memperhatikan ha~ ters ebut, maka dimungki ahaan akan dapClt meningkatkan penjuolal ~" Dengan rnelihat dapatlah penyusun salah satu bertuj uan un tuk 1'}" nln gK;!, "" adalai"J maJrk J',!\lng yang atau jalan merubah dihasilkan ~~~;~~a;l ?:~tl~t~~~~~i,:~~~:j~ Dengan A""'" diharapkan dinaikkan dengan telah selera produk produk pada maka konsumen produk perusahaan. se~i~;a~~~~~~~~~~~~;;~~(penjUalan akan meningkat Ieh akan meningkat pula . Peningkatan penjualan dise perusahaan dari waktu ke waktu umumnya tidak stabil, tetapi selalu naik turun yang semula naik mungkin pada suatu saat ada kecenderungan untuk turun, hal ini diseb,;lbkan konsumer. mulai rnerasa jenuh dengan produk tersebut. Penurunan penjualan yang terjadi secara terus rnenerus harus segera mendapatkan perhatian, sebab tingkat penjualan bagi perusahaan yang· tidak stabil dapat menggambarkan suli tnya produk perusahaan untuk bisa bersaing di pasaran. Dieh karena itu, untuk mencegah dan mengatasi terjadinya penjualan yang menurun, adalah dengan merubah bentuk, variasi ukuran yang ada, dalarn kata lain rneningkatkan kualitas barang yang sesual dengan selera konsumen. Oalam hal ini pengernbangan produk adalah merupakan peran utama untuk bersaing dalam pasar. Berdasarkan analisa regresi berganda didapat persamaan garis r;gresi y = 12.089,8 -+- 387,155 X'). + 40 8,163 Xz Artinya : Jika perusahaan menambahankan jumlah jenis dan ..Jkuran produk serta meningkatkan daya tahan produk sebesar 1 (satu) l'nit, maka besarnya peningkatan volume penjualan adalat', sebesar 387,755 dan 408,163 lIni t. Dan 'jika tidak melakukan penambahan jenis dan ukuran produk :;erta peningkatkan daya tahan produk, maka penjualan secesar 12.089,8 unit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 17 May 2016 07:09
Last Modified: 17 May 2016 07:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9235

Actions (login required)

View Item View Item