ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PADA PT. BANK BTPN CABANG BOGOR

SIANIPAR, PARLUHUTAN (1999) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PADA PT. BANK BTPN CABANG BOGOR. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1322 Parluhutan Sianipar COVER.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1322 Parluhutan Sianipar BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1322 Parluhutan Sianipar BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1322 Parluhutan Sianipar BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1322 Parluhutan Sianipar BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1322 Parluhutan Sianipar BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1322 Parluhutan Sianipar DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
92.30.1322 Parluhutan Sianipar LAMPIRAN.pdf

Download (216kB)

Abstract

hranan ::iumber daya m:mllsia c.Ialam rangka mencapai produktivitas kerja srulgfltlah penting. Padn PT. Blink BTPN Cabang Bogor d.dam fangka meningkalkan produktivifas kerja kruyawan hagian pemrtsftnm, molivasi sangal penting dik~lo}a mengingal seb<1g::.i perusahaan yang: cukup besar, dituntut untuk rneoinskatkall produktivitas kerja karyawannya semaksimal mungkin. Prodnklivitml ke':i~ karyaw3n bHgian pemasaran p:ula PT. Bank BTPN Cabang Bogor tahun 1997 bcrdus()J"kan dana yang berhasil dihimpun dE'lngan biaya tcnnga brjauya nduJah sebesar 18.85%. sedangkfUl padn tahun 1998 adnlah sebesar 17,11'% atau mengalami penurumm sebesar l,71\%.Pihak manajemen perlll memperhntikan motivnsi keJ:jn kw'ynwnn bagian pemasaran 38m' pmduktivitm. kerjMya dnpru dilingkn1kulI, IlH,:ug.ingnl r... . klor-Jilktor Juilluya rr.lafif sudah bajk. Objek penel jtj~n ini aoalnh knryawiln bng i<ln pemtlsarnn pada PT. B,mk BTPN Cabang Bogor. Populnsi penelitian acl~ elu.uh karyawan bagian pemasaran pada PT. Bank I3TPN Cabang Bog~~I~la Ua..1Hduh omog. Keduapuluh karyawan lersebut dijndikan respoq'J,~.pe~:filian (serrsn,;):-D1t: )Ian.'; diperlukan dalam penelilian ini adalah data p.i~tran data sekunder. Teknik pen ulnn data yang digunakan ndalah ungket gU1l3 mperolch d<l~i>J;imer~an\ sEfknndc iperoleh melalui interview dengau Manager fSonulia dan'UDlum. "SebClu dianalisl, data yang diperoleh diuji valitlitas dan reli Ilitarmya, setelab di lakukan uji vali¢ita.~ dan liabiJi tas. dtlpal dikelahui pe-nggunnaJt..jI~ - · nen indikator a.dal 1" (data dupnt diglll ~~ tidak cncat) dWl ~elinhcl (dap~, ipercnya . kurell~ r-bitu g It.biJI ~~sar dar' r.krj(isll~ (~n]) rdinbilitns tolal Ilem ad.J.h AI~IYI :: 0, 225 lehllil r ""'V-kh.ISIlY. p. In 'a .. .u Ilsmfikan 5% (0,444 ). Teknik ruml isi1i:rng di m"k"n dRl3m~;,.encritian ,ni mEllipl Ii aml1~Ri kllalitn'-if dan analisis kuanlitatif Aml lsis kn~~!itntjr dil~n ~n_ me?~~~akan 1;J,1etode stalislik nonparnmetrik. P "n l!ii'lII hl\10910 menssonaJ(,n oji t p.da7. signifi :in 5%. Berdas ~J h~iJ pe:~';litian YRn t~J!lb diJakok;;"n clapat d ~iJ kesimpnJan bah""a: l)Terdupm hubu n yang.v sitip d'!J ~.!.anQyH fak lor prestayll'ngan produkti"ita~ kerja (rX1Y= 0,7 11), Ub.Jtngan lerSeouL'iir~kt~~ifikan.Y di m~r,hituns > I-tabel (a..= 5~'cI. 18), yailu 4,360 > ~ OJ.- 2) Ter~lilp. lUI 1jngan yang sitip dan kuru. anlarn fhklor pengakuan dengan pr icluklivitas ~ kelja ' trX:2Y= O-;63J Hubungan tersebut terbukti signilikan. di mana t-hi I';-go '" eJ (<y,= 5~gJ:"J!ii I 3.470 > 2,101. 3) Terdapal hllbungan yang PQsitip an kllal all ' -fflkto;ffnggUllg jawnb dcngan prodllktivitas kerja (rX3Y= 0,618). Hubllngnn terst'lbut terbuldi siguifikon, di lUona I-hiluug::> Habel (cx.= S%. 18), yaitll 3,332::> 2,101. 4} Terdapat hllbungan yang posiLip d~n cukup knat antara faktor kemajuan dcngan prodlJklivitas kerja. (rX,IY= 0,571), Hubung.lO terse but terbukti signillkan. di mHnR l-hitung '::> t-I<lbel (a= 5%, 18), ynitll 2,996 > 2,101. 5-) Tenlnpat hubungl'ln yang positip dan cukup kUllt antaru fakfor PE"ker:jelWI itll st':udiri dellgaJl produktivitns kelja (rX5Y= 0,588). Hubungon tersebut lerbukti signifiklln. di manu t-hitung > Habel (0'.= 5%, 18), yaitu 3,085 > 2,101. 6) Terd.pal hubuugan yang positip dan kual anlar. faklor kemllngkinan berkembang dengan produklivilas kerja (rX6Y= 0.768), Hubungan lersebul terbukti signifikau. di mana (-hitung ;:. t-labeI (0.= 5%, 18). yaihl 5,081 > 2.101. 7) Secara belumtnn hubulIgRn antara. faktor-faktor motivasi dengan produktivitas ker:iu dimulai dro'i yang terkuat adaluh 1) f:lklor keunmgkiuun berke:mbans rX6Y = 0,168, 2) prestasi rXIY = 0,717, 3) pengakunn rX2Y = 0,633, 4) Innsgungjawab rX3Y = 0,6J8, 5) pekerjnan illl sendiri rX5Y = 0,588 dan 6) kemainan rX4Y = 0.577. Bcrdasarkwl hrlsil penelitian tiM hsimpulan dru·j pcnelilian iui, dupal diajukan sarDn~saran. yaitu: 1) Motivasi berkenann dengan kemungkinan berl:;embang perlu telap dimaint(! nance. cJengan mcmberikau peugarahan dall pemalmman bahwa peningkalanl kemajuan bricr di musa datang tclap "<menjanjikanU , schinggn walaupun pada saat iIii kemajurml peningkat'iw karie.mya kurang baik. namun di masa y.mg ak .. n dat.mg terbuka pelunnJ; yllJlg cukup lum: unlnk semakin bE':rkembong. Perusuhann pe:rlu melletapkrul jC1tiallg karir bngi knrynwon yang berprestosi sccarn jelos. 2) Pihnk mannjemen lebih memotivnsi kllrynwruUlyn unlnk mencapni prr.stasi hlja YUlI,g lebih liuggi, Hal iJli dapru dilukswmkan dengan ·membflngllnl soshllisai ;111agl~ bnhwa Bank BTPN cleWtHHI. illi tid~k hanya bankny~_ "Pensiun1Lo PNS~' d:m bOl/afid" dalam bersaing dcngan btlnk-bank yung lainnya Kchijaksallaan tcrsebut sekruigll~ dap;ne <t'a dikan spil'it bagi karyawan untuk mcraih pre ~1asi sclinggi karenn mnsyarnkal mwrt n I\!Uilim kehndirull Bauk BTPN dnn semakin . percaya Secara inlenlm, spir;1"'R,ac:yaw ngrah ~emas - ljUg3 perlu ditingkoiknn dengan 8elalu memberikan pen~¥8 dh dan rlflrollg<tll dari Mana~~, lil1mnm seliap k<tli diadak<lJ1 meeting nmupun ev~uasrha."i kc.r:,in.. 3LfMiu mcnctpfoilia,\ udaya kct:.ia memberikan peugakuruJ yang tid. Irhnlas pa~ "c'1ip.ln71cs~ji;-feJap~ juga dn n bl~ntuk pia,ga1ll1 aYNl.rd bagi karynwwl yWl ~ lemper -Jell prestasi ynng tjll~. Hnl ltl~dOPoi dilakuknn 'setiap £elllest~r IIton ct; 1 It sek 1 dengon ilih lIomi~ j dan ~y,awan ynng pnJing berpl'etasi. P~~il'i1t:ln dil'~k"J1 s~cara 1-,.tSJ?arau, '1;\.M~.!!ing' itJ,cWI JIlolivllsi akaJl ttmgglln,g jawati )motiVtl akan ke unan ningkaf~n\knricr rnlllpun molivasi ak.m pekerja<Ul illl Sid ri ,- yo' II meyakink "ya '.Iob .el~,gai 1.4,~sa lapangan (tenaga. marketing), ' P' 'pada l)," .. ~perb'Ul 'at) buRanlah pekerja f(lue colour': fetapi meru~nkall pe:k l"~n.'U1 yanf ,~ansat: pelJ(i1i.s~l5asi ltiu~8 tOI bak k~ e hasilan pemsahn~n. Pekel)aan terse ul mempBkan... ('Duta/ wakli Bank" Justru meme~ulian s/..111 )'ang balk, sekaliglls ml".yaklD ~alln§a Y) hW3 Ie.rsebnt penull ~ngIf l.mtanga1lt dinamis. sehingga kw'ynwwl nkan = -mnkin melt eJHl.I~1 t(ejj~lJJY' j mns".}epon. aplJbilu pilmk peJ1J~nh:mlJ merckr ~nrayaWa~'lt~rlll cfipcrhnt..!.!sa minat cl;u~nklltnya npoknh sesum dl'ngrul kunIi fikasi (spes- ~i jnbn1ru~tRigni fi!llilga,Jnpnng i1f~Ulsaran_ , I

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Job motivation
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 May 2016 01:17
Last Modified: 12 May 2016 01:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9203

Actions (login required)

View Item View Item