STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA HOTEL GRAHA SANTIKA DI SEMARANG

HANDAJANTO, SRI BUDININGSIH (1997) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA HOTEL GRAHA SANTIKA DI SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1196 Sri Budiningsih Handajanto COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1196 Sri Budiningsih Handajanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1196 Sri Budiningsih Handajanto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1196 Sri Budiningsih Handajanto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1196 Sri Budiningsih Handajanto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1196 Sri Budiningsih Handajanto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1196 Sri Budiningsih Handajanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
92.30.1196 Sri Budiningsih Handajanto LAMPIRAN.pdf

Download (106kB)

Abstract

Penulis menyusun skripsi 1n1 untuk mencoba meneliti atau menganallsis tentang strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah konsumen pada Hotel Graha Santika di Semarang. Pengambilan data primer di!akukan dengan cara observasi secara langsung pada obyek penelitian, interview dan mengajukan questionnaire yang sesual dangan judul dan tujuan penelitian ini kepada pemimpin hotel yang bersangkutan. Data sekunder diperoleh dari catatan-catatan yang ada selama kuliah, perpustakaan seperti literatur, makalah dan data-d~ta perusahaan yang ada hubungannya dengan masala yang akan dibahas dalam penelitian ini. Analisis data yan 9~ kan.~ analisis kualitatif dan ana l isis kua~ ~~Anar~~k litatif membahas ten tang strategi p~~~aran yang digunakan 1 h Hotel Graha Santika yang mel'putl ~erencanaan prqduk a a jasa, penetapan harga ata tarit- kamtt note 1- sa;tura distribusi yang digunakan ~n promo$[ yang dilak anole~ Hotel Graha Santika. Seda~k~n anatisis ~uantitatif en99 akan persamaan Ana1is.i1f"... .. Trend, yait6 u t u anali.sis y. nq dapat digunakan un~k menqetahul baga aana kece darun jum1ah konsumen h ot~~. pad~ ma~a s e arang maupun pad a asa yang akan datang , ~ahun ber1kutny ), bardasar pada ata-data yang 181u. O,l am neli tia~ ini ~ 'a. umsi~n b wa tepat tidaknya s t ' 'tegi pemasaran ga.iam aen1l')f.Jkatk,n j.um1ah konsumen pad Hotel Gr/llUi Santi1<a c1!1d.sa}r~an p fT Jumlah konsumen yan enipg at aetiap tah~ya . '- Dilihat 'r1 strategi pemasaran yal19 dila ukan oleh Hot;.el Graha Stika, maka dap dikatakan bal)w pereneanaan prod uk da asilit~~s ~E~s~a yang ~i kukan oleh Hotel Graha San ~' ?tf sud~cuku p-oaik, je tama dengan adanya special Pac e dengan h rga yang 1 . ih murah yang diselenqqarakan pa ~ wa.k.tu-wa\t~ tertene'u eperti Ramadhan, Idul Fi tri, JtaMday. dan Cony 1 . Hotel Graha Santika juga melakukan ren s f ~ar-besaran untuk lebih menyempurnakan produk dan fasilitas-fasilitas yang ada. Renovasi tersebut dilakukan mulai awal tahun 1995 yanq meliputi antara lain memperluas Segara Coffee Shop, melengkapi seluruh kamar dengan Coffee Maker (pembuat kopi otomatis) dan Vingcard ekunei kartu magnetik dengan sistem elektronik) serta menarnbah J (tiga) kamar suite di lantai 11. Hotel Graha santika juga selalu peka terhadap keinginan konsumen yang berhubungan dengan produk-produk yang ada dan berusaha untuk tel-us-menerus meningkatkan jasa pelayanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Pen eta pan harga atau tarif masing-masing jenis kamar hotel disesuaikan dengan luas kamar dan fasi!itas-fasi!itas yang akan diperoleh konsumen. Saluran distribusi yang digunakan oleh Hotel Graha Santika yaitu konsumen dapat langsung datang ke Hotel Graha Santika, melalui travel agents atau melalui penerbangan. Sedangkan kegiatan-kegiatan promosi yang dilakukan oleh Hotel Graha Santika ada l ah berupa pemasangan billboard di bandara dan di Jalan Pandanaran qekat lakasi hotel, Pers Tour, Pers Gathering Party, Newsletter, iklan koran, release koran, Faxblitz, brosur, spanduk dan sticker. Hal-hal tersebut dianali s is sesuai dengan teori-teori konsep pemasaran jasa yang ada. Hasil anal isis kuantitatif rnenunjukkan bahwa jumlah konsumen pada Hotel Graha Santika dari tahun ke tahun akan cenderung mengalami peningk ,an. Jumlah konsumen pada tahun 1994 mengalarni sediko y. ~urunan dari tahun sebelumnya (tahun 1993) lta~e-n __ ' egiat.a!1- '1=olQ.osi yang di lakukan oleh Hotel Graha Sari"Eika pada wakt tu masih kurang gencar dan penge 0 " an prociuk s 'erta fa s :l. . tas-fasilitas yang ada juga ~flsih ku~g S ,QIQ urna . Mu.1 . tahun 1995 sampai'dengan t,~un 199 ~, ]umlah kon 6 um~ n pa~ Hotel Graha Santika rnengal a~i penj~gkata n agi da . tahU tahun sebelumnya dan d' · yrKira ~n pada t hun- tahun be~ik ~a (tahun 1997 sarnpa dengan tahun 20 - a kan ce derung,-mengalami peningkatan Hal ni dis ebab~an adanya renov~li besarbesaran pada rod~k dan f 'asil ·itas-·fasilita s ya 9 ada yang dilakukan 0ie Hotel Gr ha ~hnt k Jlulai ~wal ahun 1995, serta dila anny, kegia~an promos! yan leb~ gencar . Jadi d at di s ilU'pul~an oahwa s ~ra egj perna J ran yang dilakukan . h Hot e Graha San ~ika dalam lDjI . ngkatkan jumlah ko nsu~~n sudab tepat karena Ko.:tel Gn fia santika telah melakukan p ema'saran I?a '~suai '.J6engan~l:eOr i-teori . konsep pemasa~4n jasa y~ng~qg da~ da~~t dib k kan dengan analisis trenCt ~ng ,..men,IJPjilkkT!1".r'l::1§hwa i u ah konsumen cenderung semakin meningkat setiap tahunnya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Marketing Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 May 2016 01:32
Last Modified: 12 May 2016 01:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9157

Actions (login required)

View Item View Item