ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN MARIMAS (STUDI KASUS DI KELURAHAN PANDEAN LAMPER KECAMATAN GAYAMSARI KOTAMADIA SEMARANG)

SUSATYO, ANDI (1999) ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MINUMAN MARIMAS (STUDI KASUS DI KELURAHAN PANDEAN LAMPER KECAMATAN GAYAMSARI KOTAMADIA SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
92.30.1187 Andi Susatyo COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB I)
92.30.1187 Andi Susatyo BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1187 Andi Susatyo BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1187 Andi Susatyo BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
92.30.1187 Andi Susatyo BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text (BAB V)
92.30.1187 Andi Susatyo BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
92.30.1187 Andi Susatyo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
92.30.1187 Andi Susatyo LAMPIRAN.pdf

Download (266kB)

Abstract

Suatu produk tertentu yang laku di pasaran akan merangsang pengusaha untuk masuk ke dalam bisnis tersebut sehingga menimbulkan persaingan, baik mengenai kualitas produk, harga, promosi maupun saluran distribusi yang relatif tidak jauh berbeda. Pada tahap persaingan yang kompetitif tersebut akan percuma bagian produksi memacu produksinya tetapi barang yang dihasilkan tetap menumpuk di gudang, karena bagian pemasaran tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Peranan bauran pemasaran dalam upaya meningkatkan pembelian sangat penting artinya bagi perusahaan minuman penyegar Marimas yang diproduksi oleh PT. Ulam Tiba Halim. Ketatnya persaingan di bidang minuman penyegar menjadikan permintaan akan produk Marimas mengalami penurunan. Permasalahan yang dihada~" perusahaan minuman penyegar PT. Ulam Tiba Ha lim adalah terdapat ~ urunan permintaan produk minuman penyegar Marimas pada p~u:§aJ a'!n~an PT. Ulam Tiba Halim. Masal~h tersebut 1F1~ntu~':eg-ey~ dianalisis guna mencari pemecahan masatlh~a, berkrnaan . dengan~sepsi konsumen terhadap bauran pemasa n-, sehingga perusaiJaan ~ ~at menerapkan bauran pemasaran dengan ~~untu menentukan kebijakan-kebijakan PI asara 5eriku t nya. / . Obyek pen~i~ ian ang dia.~il a lah ~GJ~um en yang berada -di kelura ~C~nd~-a Lampe r Reie-a.atan G~amsa\~ otamadia Semarang dan yan gv~mbeli produk .inu an penyeg~ ,. " M ~ imas" . Pemilih-an .lokasi pe rhe lit'1;8-n di w,i layal:i Ke.luraha PJl.nd~an Lamper didasarkan bahwa BEl'heli i sudah " enaetahui k adaan monografi Kelurahan Pandean tamper selain ifu un t uk . eng~mat fa ktor biaya waktu, dan ten a~ se ,ingsa Kelu1='jihan Pande n L~p e r dapat dUadikan tolok ur p ne litia l"l4" peri laku p tnbelia konsumen berkaitan dengan trategi Barketing mix y ang ~ tlitetapkan perusahaan. I ?--_. 7 II . Upay~ p ~m~ l(katan p e ~mi ~lt.a~U~5 imas' pacta 1 . usahaan P'I.'. Ulam Tlba Hallm lnl ~ butuhkan~teg~~uran i:masaran yang meliputi kebijakan aka produk, ha r ga, promos1, dan saluran d istribusi yang tepat, palam arlti •. q apat me6~ askan konsumen sehi~gga dapat meningkatf~n--p~rmi~taan ,a k~~ oduk ~ ersebut. Pertlmbangan konsumen dal ~~n~.IIlb l~~p-tt~ pembellan dalam hal produk dapat dipengaruhi ole~k emas~n , keunggulan kualitas, khasiat, rasa. Pertimbangan akan harga dipengaruhi oleh kesesuaian harga dengan kualitas dan kesesuaian harga dibanding pesaing. Pertimbangan akan promosi dipengaruhi oleh daya tarik promosi. Pertimbangan akan saluran distribusi dipengaruhi oleh kemudahan memperoleh produk dan ketersediaan produk. . Dan mengenai karakteristik konsumen dapat dilihat melalui urnur, tingkat pendidikan, pekerjaan, tingkat penghasilan, dan media melihat iklan. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang berada di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kotamadia Semarang dan yang membeli minuman penyegar Marimas. Pengambilan sampel apat menggunakan Tehnik Purposive Sampling, yaitu jumlah ampelnya ditetapkan terlebih dahulu sesuai dengan tujuan enelitian .• dimana dari 11 Rukun Warga ( RW ) yang ada asing-masing diambil sejumlah responden dengan menggunakan cara roporsional sehingga tiap-tiap RW dapat terwakili. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dalah analisis kuantitatif. yang dilakukan melalui perhitungan abe'l silang tanggapan responden. Sebelum data dianalisis, ilakukan pengujian Validitas yaitu untuk menguji sejauh mana uatu alat dapat mengungkapkan gejala yang dapat diukur dan engujian Reliabilitas yaitu untuk menguji sejauh mana suatu alat engukur dapat dipercaya atau dapat diandalkan, Saran yang dapat diajukan berdasarkan hasil penelitian ang telah dilakukan adalah bahRa produk minuman Harimas ternyata anyak disukai oleh konsumen. dimana rasa yang paling disukai ari berbagai variasi rasa yang ditawarkan adalah jeruk segar. an rasa yang kurang begitu disukai 0 h konsumen hendaknya tidak erlu diproduksi lagi tetapi dapat 19& tikan dengan me lakukan navasi untuk mengembangkan ~S~ ng laJ Pramosi melalui knn flarus "'tetaP""\..' dilakukan oleh erusahaan, hal in i untu -eibih me mper"1u lis daer<l enjualan dan emperkenlkan produk mi u' an Marlma ~emua t apis masyarakat an yang lebih penting aalah merrg:ingatkan nsumen~hwa produk inuman Harimas masih · da.~ ~ Harga yang rep dapa tangga'pa .urah da: i ..... ko Zn harus etap dipertahank -{"npa nguranQi tDutunya d,lall 'lire , egarkan adan , UntUk mempe r ,. ahankat han1:a dil\ as~ Itr-isis ei 0rfomif s ekarang ni , dimana harga bahan-b han d asa ~' mengalani ken s ' an dapat ilakukan dengan ~pyede hanakan uar6a p ada emas minuman arimas sehingga d a ~l"t men,tura.n,u I""hi_aya yang d i kelu an, Hal ain yang dapat d i tkukan adalah m em per~ ~cf l l emasa minuman arimas tetapi is in ~ teta 12 ara •. Strategi yan I dapat d ilakukan untu k me m~e '"as pasar dalah dengan mela )tan tttip ~t1a- cfepad a ped kng pada aerah-daerah dimanat uman H~imas b eiUm- ~egitu kenai dan erusahaan har-us selal '!'yed iakan mrnuma rf'1i a rima. . lam jumlah ang cukup di warung-war ~ kec ~l terdeka t seh'ngga konsumen apat dengan mudah mempero hnya set i ap saat pa ' a membutuhkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 12 May 2016 01:33
Last Modified: 12 May 2016 01:33
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9152

Actions (login required)

View Item View Item