PENGARUH BIAYA DIVERSIFIKASI PRODUK DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PT. HARRISON AND GIL-JAVA SEMARANG

KUNCORO, MASYU SIGIT (2001) PENGARUH BIAYA DIVERSIFIKASI PRODUK DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN PT. HARRISON AND GIL-JAVA SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
94.30.2061 Masyu Sigit Kuncoro COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB I)
94.30.2061 Masyu Sigit Kuncoro BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2061 Masyu Sigit Kuncoro BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2061 Masyu Sigit Kuncoro BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2061 Masyu Sigit Kuncoro BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text (BAB V)
94.30.2061 Masyu Sigit Kuncoro BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.2061 Masyu Sigit Kuncoro DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
94.30.2061 Masyu Sigit Kuncoro LAMPIRAN.pdf

Download (282kB)

Abstract

Pel1lllingan dunia bimi. anlar pan! pengo .. ba dal.m menyajikan kepu.san bagi pombeli lorj.di palla dew ... ini. hal ini lo~.di karen. peml"mgunan ekonomi bangS! tidak "'ja moniDBkatkan daya beli mal»'a .. aka~ molainkan juga akan meningkatkan jumlah dan jenis barang yang dip.sad<an. Akibalnya. kebeba ... pombeli untuk memilib barang meDjadi be"". Sebingga perusohaan Iltuntul uDtuk ",Ialu mempemalikan dan me1ayani kobutuhan dan keingiD.n konsumen apabila ~ ru aahaan itu akan lebih berba.l dari perusabaan pesaiognya. Berdasad<an hal dialas, maka ?)lu,""a.n~eUbell'-r-. • 1iOD and Gil-Java dalam mengh.dapi pel1lllingao yan, R:;;(khusn",ya dimasoyang akan datan melakukan diversiflkasi produk daD prom si. Deugau jv:;;.ifikasi produk dan p y31!8 dila1rukan. pcrusohaan tidak mbp un1!Jk mena III resiko kOhilangan ClDWmen akhir dim.n. beberapa la ~nal!- Sollnh mulai m ' II/I'" produ erusoh;ran akan membe1i produk I.in perusabaan pesailJ&. Akiba _hnjulny. p ",r pe4r aan mengalami pcnyempilan so I • I., peru .... u • • Iian turunjinakl peruf'aan "gabil kebijakaanaan untuk men ah mac\m ~ baru dan-mempmmo¥an pro a agarkonsumen dapatmenge ui pcodut rodnky.og dihasilkan oleZ,"soha Diversifikasi .dalah p ua ..... sommen aran a\lIU j.sa y ditawal olob --.~.".- · ,,~~';..~- :~·t·- ada 3. yaitu : I 1. Divorsifikasi kOD!2n lrik. yaitu ~~.!'!#" Haru yon mempunyai snergi tebnologik atau anergi pema&UaIl dengan garis prowk yang ada. 2 . Diversifikaai horillOlltal. yaim usaba UOb.Ik menambah produk-pmduk baru yang dapat menarik para koosumen me.!kipun produk baru tersebut tidak: mempunyai bubungan dengan gans prodnk yang ada. 3. Diversitikag kongJomerat. yaibJ usaha untuk menambah produk.produk baru untuk diju.1 pad. golo.gao. pembeli baru, dengan mju.n me.jaga 818bilitas produkai d8D penjualan alaU merupakan pemanfaatan ke",mpatan liDBkuogan y31!8 menguntungkan. Produk bam lemebut tidak mempWlyai hubungan apapun deogan garisproduk yang ad •• baik leboologi m.uplUl pasor. Besamya diver,;tikasi produk liulmr dari bi.ya yaog dikeluarlcan uotuk terwujudnya penambahanjenia produk per periode terteobl meliputi : peJatihan karyawan produksi, tenag8 ahli dan desaigo. penambahan mesin dan perlengkapan bam unhlk produk barn. Sedaogka pengeman promo'; adalah kegiat·n meogkomunika!ikan informasi dari peqjuaJ kepada pembeli atau pihak lain dalam saluran untuk mempengaruhi ,ikap dan perilalm. Thjuan promo'; adaJah memodlfikasi tinGkah lalm. mcmberitahu. membujuk dan mengingatkan. Adapun jenis-jenia kegiatan promosi yaitu periklanan ( media cetak dan media elektronik ). personal selling. pubIisitas d promosi penjuaJan. Besamya promo'; diukur dari biaya yang dikeluark~ =",eb _ sa~ dalam "ngka mempromosikan produknya per periO~~bJ. -...~ PenjuaJan adalah persetujuan un~ m~ barang ~rhad!P ihak laiD dengao menerima pembayaran ~ai gsolinya. 1\ljuall penju~ bagi peru I aan pada umumnya ialah untuk mc0!=3P:U volume ' jualan te ..p1endapa tu. dan dapat meounjaog pertumbuban p~an. . ~ Produk perusahaan ) Jram..,n and GilJ ini lib at atau ·jual berda .. lkan perlledaan ma g-masnL jen.is P oduk.. U!ltuk So. diju I ber Ikan ukuran.jenisbusa danjenis aiD. se~ 1IIIIuk p-o~coJfe\able dijual berd I an ukman danjenistop. ~ J \. ~ Kegiatan promosi dijal I!I oleh p~~ol-me,ij,uti pameran fornam penjualan. Pemsahaan daJam menga k n pameran retia~ sekali. Se,, ~,.,,,,,,, promo'; penjuaJan ciI.kukan oleb alulDY. yang ada· OIlg dengan .....:: memberikan potongan atau discount yaitu prom • &count ( pembelian dengan membayar IWla.) dan promosi Kuantitas Discount (banyakoya yang diheli ). Berdasarkao perhitungan atau pembahasan yang lelab peneliti lakukan pada perusahaan meubel PT. Hamson and Gil·Java Semaraog maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berilrut : I. Hast' peIhitungan regresi beIganda menghasil a = 7 5.403.556.lS~. bl = 7.226. b2 = 20J47. "'hlngga dim.wkkan ke daJam persuna .. menJadi : y = 75.403.556.15~ + 7.226 Xl +20. 547X2. Keterangan :\ Biaya diversifikasi produk kau menaik-kan penjualan ~besar 7 :1.26 WlbIk setiap kenaikan 1 satuan dengan 3wmSi X2 tetap. Biaya promo,i akan menaikkan penjualan sobesar 20.547 uotuk .. tiap I .. tuan dengan asum'; Xl Ictap. 2. Huil analiQ8 meouojukkan bahwa biaya diveISifikaa produk dan bi1l}'a promosi seeara bernama-sama dapat mempengaruhi peningkatan baal penjualan. Tetapi biaya promo,i prodok lebib b ... r pengaruhny. ferbsdap penjuslsn dibandingl<ao dengan biaya diversifikasi produk. Dari basil diatas maka peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk memprioritaskan pada perbaikan pelaksanaan program diversifikasi produk yang selama ini diterapkan, agar sesuai dengan selera konsumen dan perkembangan jaman

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Production Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2016 03:22
Last Modified: 04 May 2016 03:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9078

Actions (login required)

View Item View Item