ANALISIS PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG)

ATMODJO, FREDDY HARTO (1999) ANALISIS PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
94.30.2018 Freddy Harto Atmodjo COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
94.30.2018 Freddy Harto Atmodjo BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2018 Freddy Harto Atmodjo BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2018 Freddy Harto Atmodjo BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.2018 Freddy Harto Atmodjo BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text (BAB V)
94.30.2018 Freddy Harto Atmodjo BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.2018 Freddy Harto Atmodjo DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
94.30.2018 Freddy Harto Atmodjo LAMPIRAN.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan makin berkembangoya dLharapkan pembangunan dapat ditingkatkan pemerintah qiat melakuKan pemhangunan di termasuk bidang transportasi. telmologi maka pula. Saat 1ni segal a bidang Sampai saat lni pemhangunan dalam bidang transportasi mengalami perkembangan sejalan dengan komplexsnya kebutuhan dan keinginan masyarakat . Salah satu aspek penting yang menunjang bidang transportasl adalah industri sepeda motor sehingga banyak pengusaha yang menanamkan modal.nya dalam industri 1ni . Dengan makin berkembangnya industri sepeda motor akan menimbulkan persaingan diantara perusahaan sejenis dan masing-masing perusahaan bersaing untuk menguasai pasar . Dalam situasi yang demikian apabila perusahaan iogin roempertahankan kelangsungan idupnya, maka perusahaan harus me ngetahui kebutuhan da keinginan konsumen yang selalu berubah. Unt :a _ me !l1 ~ anq: persa1ngan d1 pasar. perusahaan u'nfii"t untuk lIlall:lp"U beradaptas i terhadap perubahan ~~ tuhan dan ke i nginan nq harus dlpuaskan sebagal ak at berubah araf' K.Fhidu. yang terjad1 di masyarak Selain kema puan ~ntuk rhadap perubahan yang te adi d~~~ paear perusahaan juga ~rus mempunya l cara atau taXt1k yang .r~ pakan aiat un~k memenangkan pe s ainga Salah atu cara a ng A pa t d i lakukan oleh pe.r...us haan da l 'ana upaya menalf kan produk kepada hsume adid~ ' mef;l uti d ri 9 lera konsumen d engan ~nawa~~an jeD~ s-jenis produk ~ang pat mengikuti sel~r ,asyar kat. ~ I Dengan men Atahui apa yang d iing i nkan dah d1b uhkan o leh kons um ~serta menget~hui faktor-f~kt o~r~ pakah yang me nyebabkan onsumen. meng,d-~~,pembeJ ian t hadap sepeda motor mere rtent aK:an---Ine;lp_erm dah.. pe ahaan untuk menentukan k ~~4iK'aka n pemasaranny eecar fekti f dan efisien . Men~ Kotller epu t uean ( embelian dipengaruhi o leh pro . harga. t~m?at ~ asilitas . Dengan demi kian d ~k~n dapat •• b tu atau mempermudah pencapaian ....... '-·EUj~-an9 ;;-: elah i tentukan oleh perusahaan . Perusahaan juga harus melakukan peng embangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat . Perusahaan harus mengetahui pasti tentang periLaku k onsumennya dalam memilih suatu merek sepeda motor . Faktor- faktor yang menyebabkan konsumen memilih merek tertentu misalkan produknya, harga, tempat dan pr omos! . Faktor- faktor tersebut dapat dipert i mbangkan jika perusahaan sepeda motor lngin mengembangkan produk. Dengan adanya pengembangan produk ini d1harapkan tidak membuat jenuh konsumen terhadap suatu merk sepeda motor . Oalam membeli sebuah produk konsumen me!alui lima tahap pros e.s pembelian yat tu (1) pengenalan kebutuhan; (2) pencarian informasi yang meliputi faktor produk. harga, tempat dan promosi; (3) evaluRel alternatif; (4 ) keputusan pembelian; (5) perilaku setelah pemhelian . Dari tahun ke tahun banyaknya Sepeda Motor semakin men i ngkat tetapi hal in1 juga diimbangl oleh penawaran berbagai merek oieh para produsen, maka dari hal in1 penulis tertarik mengambil judul "ANALISIS PERBEDAAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MBREK SEPEDA MOTOR" (Studi Kasus Pad a Mahasiswa Unika Soegijapranata di Semarang) Adapun persoalan yang lngin diteliti berkaitan dengan faktor produk. harga, tempat dan fasilitas adalah sebarapa hesar faktor-faktor dari 4 P yang mempengaruhi kcputusan pembelian untuk masing-masing merek . Tujuan yang iogin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tldaknya perbedaan keputusan pembelian sepeda untuk masing-masing merek . Hipotesa yang diaju~a am pene _ 1a- ini. apakah pert imbangan mas ln9-masJ£~ responden un tUk mel !" el i merek yang berbeda dengan~Sp~nden l ain berbeda ga~ dengan yang lainnya; d lliha dari p er~mb~nga 4 P . Dalam penellt - ini ~apulaB Jan lpilih dalah para mahas l swa Unt&a SO~91japranata Sem an~, pertimbangan ha h~ neli~~ merupak a ahasis a fa 1 a s BKonomi Manajem nika Soegi j r.an a: Semaran sehl1.2,ga kesemuanya ln i udah an dala. pe oL ehan dfta . '~r l populasl yang ada bes r 3000 or q ambil sa pel tuk pene!ltian sebany 97 esponden _ - - Data yang d ~ergunaka n dala p~e l ~tia n i i a ah data primer. D ,. prill-e'r adalah "data YBR-9 I diper eh langsung dari 9 i'II.berru-A., ' diaiiab'l.. ' dan d icatat u uk pertama kali. Data ~rlmer dalam penellt.ian In-' dYl.~ leh darikuesioner ~q te h ~u ~) aan diisi oleh responden _ ...., Aga r data ya diparol dap-a mhberik~n esimpulan maka diperlukan a l\alisa data. Teknlk an 1 ,· sa data yang digunakan dalam pen!el~an in1 adAlah~ an a l a kuali tatif- dan anal isa kuant a ' . AnaJ..isa....,>:<i;t. l:y-n:t;- f tidak memerlukan pe rh itungan s atistl - ~anya dianalisi s berdasarkan skor atribut atas data yang d i peroleh berkenaan deng an penilaian pelanggan atas produksi, harga, tempat dan promosi. Analisa kuantitatlf adalah analisa data dalam bentuk angka~angka dan pembahasannya melalui perhitungan statistik berdasarkan t o tal skor jawaban r e sponden terhadap pertanyaan -pertanyaan pada kues i oner deng-an berpedoman pada skala Likert. u j i v a liditas dan uji reliabilltas . Dari hasil pengujian validitas dldapatkan hasil bahwa s emua pertanyaan yang ada didalam kuesioner adalah valid karena r hitung ) r tahel sehingga dapat d l gunakan untuk analisa lebih lanjut . Dari hasil perhltungan reliabili t a9 diketahui bahwa semua variabel dalam penelitian ini sangat reliabel karena besarnya nilai r rnendekatl satu. Dari hasi! analiaa Kruskal Wallis untuk variabel produk terdapat perbedaan penilaian konsumen yaitu terietak pad a sepeda motor merek vespa. dimana sehagian besar responden memberlkan penilaian dalam kategori jelek. Hal ini dikarenakan sepeda motor Vespa bentuknya ku~ ang menarik . Untuk variabel harga terdapat perbedaan penilalan konsumen yaitu terletak pada sepeda motor merek Suzuki, dimana sehagian besar respond en memberikan penilaian dalam kategorl j~ek, hal Ini dikarenakan harga jual kembali sepeda motor Suzuki rendah . Untuk varlabel tempat ada perbedaan penilaian konsumen yaitu terletak pada sepeda motor merek Yamaha dan Vespa . Sedangkan untuk prc;~Il'Osi juga terdapat perbedaan penilaian konsumen yaitu terletak pad a sepeda Motor Vespa . . Itesimpulan yang dipero l eh di at as yaltu terdapa t perbedaan pen!! aian konsurnen :~V? iabel produk, harga , tempat dan promosi. Melih~ . s a l - _ ng ada serta hasil dar! pene litian ya O i-t an m )l;- pe liti Ingi n memberikan beberapa n untuk masing-ma merek sepeda motor . 1. Bag! sepeda m or Kon~~asaki responden sudah osl t l~dan 8udah ~p~ dangan merek l ain. ~ehi ng9a d!tlngkatkan a{k 1m produk -.n promosi . 2. Bagi sepeda bangxan tempat 3 . Bag! sepeda faktor harga rendah hargan 4 . Bagi sepeda produKainya menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > Decision Making
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2016 03:18
Last Modified: 04 May 2016 03:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/9062

Actions (login required)

View Item View Item