ANALISIS PENGARUH BIAYA SALURAN DISTRIBUSI LEWAT AGEN DAN PEDAGANG BESAR TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TIMBANGAN DACIN MEKAR SEMARANG

RISWANTO, IMAM (2000) ANALISIS PENGARUH BIAYA SALURAN DISTRIBUSI LEWAT AGEN DAN PEDAGANG BESAR TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERUSAHAAN TIMBANGAN DACIN MEKAR SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img] Text (COVER)
94.30.1871 Imam Riswanto COVER.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB I)
94.30.1871 Imam Riswanto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1871 Imam Riswanto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1871 Imam Riswanto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
94.30.1871 Imam Riswanto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text (BAB V)
94.30.1871 Imam Riswanto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
94.30.1871 Imam Riswanto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
94.30.1871 Imam Riswanto LAMPIRAN.pdf

Download (104kB)

Abstract

Saat ini persaingan dalam dunia usaha sangat ketat, karena peru bahanperubahan yang teIjadi dalam dunia usaha sangat cepat. Persaingan yang sedemikian ketat memungkinkan 8uatu perusahaan untuk mengerahkan sumber daya yang dimiliki secara optimal agar dapat tetap bertahan dan jika memungkinkan dapat menang dalam persaingan. Persaingan ini terutama dalam menarik lebih banyak konsumen dan mempertahankan peianggan yang telah ada. Perusahaan dalam upayanya untuk dapat menarik konsumen adalah dengan meningkatkan pelayanan pada konsumen. Peningkatan pelayanan pads. konsumen dapat berupa meningkatkan pemenuhan keEutuban konsumen tepat pada waktu dan jumlahnya. Pemenuhan kebutuhan t a ada waktu dan jumlahnya dapat tercapai dengan penggunaan s~r.an · sl")'a g te Perusahaan timban~a7m mer MEKAR'7di!tih ¥.:lah satu perusahaan yang memproduksi tim~angen dacin. Dalam 'usaha memua! an onsumen untuk mendapalkan produk Jj11bangan dacin merrM ar dengan ~t, perusahaan menggunakao salura ?istribusi an;: unik dan berbeda dengan pesaingnya, Kcunikkan tersebut detak-pa pengg\\ du~ saluran distribu ng berbeda untuk daerah II!' awan -ya S berbed. pu Perbedaan ng dimaI< adalah dalam mendistri ikan p ~uknya untuk aerlll pernasar sebel~rat yang rneliputi kota Pekal nsan n Jakarta ~saha menggun n salu at distribusi lewat agen, sed~~kan unruk damn em aran sebelah timur erusahaan menggunakan sal /an dist busi lewaf peda~ang besar. Dala men~' ribusikan produknya peru!/, aan tiri1\>ang." dacin merle MEKAR engelua, n biaya. Biaya yang dike!u rkan oleh perusahaan dihanlpkan akan berpe 8', h positif terhadap volume p l{ualan, , . J---...,,-\ Alas dasar ;n~aa.n '\a urarf-disfribu~ yang berbed ntuk daerah pemasaran yang berbeBa la dan berpecga;ulLpositifterhadap v lume penjualan, sehingga akan dianalisis ~genai pcngaruh dari biaya salur n distribusi lewat agen dan pedagang besOT p a ?~aan limbangan dacilr!n MEKAR. Variabel yang digunaK&lF-aabli neliti!!l,.inf'ad ah variabel biaya saluran distribusi lewat agen dan biaya salur n istribusl lewat pedagang besar serta variabel volume penjualan yang dinyatakan dalam rupiah, yang dihitung mulai tahun 1990 - 1999 per semester. Pemilihan variabel tersebut didasarkan atas adanya perbedaan dalam pendistribusian untuk masing-masing saluran distribusi yang berpangBruh terhadap volume penjualan. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan timbangan merk MEKAR yang memproduksi timbangan jenis dacin. Perusahaan timbangan dacin merk MEKAR ini berlokasi di JI. Sawi rx, Semarang. Jenis data yang digunakan daJam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan nilai penjualan dan biaya saluran distribusi per semester mulai tahun 1990 sampai 1999. Pengumpulan data dilakukan deDgon menggunakan metode dokumentasi dimana data diperoleh dengan cara mcngutip data-data perusahaan mengenai biaya sa luran distribusi lewat agen dan pedagang besar serta volume penjualan. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji perbedaan biaya saJuran distribusi lewat agen dan pedagang besar menggunakan analisis of varian ( Anova ) sedangkan untuk mengetahui pengaruh biaya saluran distribusi lewat agen ( X, ) dan pengaruh biaya saluran distribusi lewat pedagang besar ( X, ) terhadap volume penjualan adalah dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Adapun hasil penghitungan anova dengan menggunakan kornputer dengan program SPSS dengan taraf signifikansi 5% diketahui besamya F hitung 97,458 yang lebih besar dari F tabel 4,41 yang berarti ada perbedaan antara biaya saluran dislribusi lewat agen dan pedagang besar. Adapun hasil penghitungan dengan regresi sederhana dengan bantuan komputer program SPSS didapat persamaa~untuk masing masing biaya saluran distribusi terhadap volume penjulan sebagai'b"et~kut_ Untuk pengaruh biaya luran~{ri&,:;s~ewat..e,gen terhadap volume penjualan Y ~ -18992,986~ Untuk mehhal"~a pengaruh biaya saluran distribusi lewat ~erhadap volume penjualan Jigun an uji t dengan taraf signifikansi .5%. a1am pengujia.n dengan-meJ!~naka~ uj~ { iketahui ni~ai t tabel 1,734 < t h,tun 'P, 726, b~l ada pengaruh J'8!l~,gmfi n antara blaya saluran distribusi 1 agen t~...radap volume penjualan. Untuk p ru biayar,~'I~ran dislIi sl lewat pe ~gang s erhadap volume penju.la ~' -II 135,934 4ss11 . Uptuk melil!at-adar! pengaruh biaya saluran dis at agen a~ap Volume penju arn:li1fJ an uji t dengan taraf si 5%. E>ala pen.Mifan dengan mengu an uji t diket.hui nilai t < t hitu 4,80Q,,-berarti ada pe,ng h ya ignifikan antara biaya salu distrib i lewa! pedagang bes"," terbitda volume jualan. Dari hasil p""ljujian deQgan menggunakan alat anal' is Anov , engan uji F dapat diketahui ba 'V(,a terdapat perbedaan,."y.cmg, signifikan antaraJQjaya saluran distribusi lewat age aan pedagan~esar dan~ama~ regresi s ethana dengan pengujian dengan me 'lakan me1bde--yji dapat'1Jiketahui ~ a biaya saluran distribusi lewat agen be ~~garuh terhadap v.olume penjulan ,seflesar 378,308 dan biaya saluran distribusi l,,{ra e~gang besar b~p~ terhadap volume penjulan sebe,ar 455,154, ....~.. r Berdasarkan hasil penelitian, m ~e--n--emi memberikan beberapa saran sebagai berikut : Penggunaan dua saluran distribusi pada perusahaan timbangan dacin merk MEKAR memberi pengaruh yang positif terhadap volume penjualan sehingga perusahaan harus berusaha untuk tetap mempertahankan penggunaannya Perusahaan sebaiknya tetap memprioritaskan dan menambah penjualan lewat pedagang besar dibandingkan dengan agen untuk mencapai volume penjualan yang optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: > 650 Management > 658 Management > Sales management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 04 May 2016 03:09
Last Modified: 04 May 2016 03:09
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8934

Actions (login required)

View Item View Item