KONFIRMASI PREFERENSI TERHADAP PRODUK MINUMAN SERBUK BERDASARKAN UJI SENSORI, KIMIA DAN FISIK DI KALANGAN SISWA SMU THERESIANA 1 SEMARANG

YULIANA, TANTY (2011) KONFIRMASI PREFERENSI TERHADAP PRODUK MINUMAN SERBUK BERDASARKAN UJI SENSORI, KIMIA DAN FISIK DI KALANGAN SISWA SMU THERESIANA 1 SEMARANG. Other thesis, Prodi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.70.0069 Tanty Yuliana - COVER.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.70.0069 Tanty Yuliana - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
05.70.0069 Tanty Yuliana - BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
05.70.0069 Tanty Yuliana - BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
05.70.0069 Tanty Yuliana - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text (BAB V)
05.70.0069 Tanty Yuliana - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.70.0069 Tanty Yuliana - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.70.0069 Tanty Yuliana - LAMPIRAN.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Minuman serbuk merupakan salah satu produk minuman yang banyak disukai oleh konsumen diberbagai kalangan baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Karena selain tahan lama, juga lebih praktis dalam penggunaannya. Penerimaan seseorang terhadap suatu makanan dipengaruhi oleh sikap, preferensi, kebiasaan dan mutu makanan. Penetapan preferensi merupakan sesuatu yang penting dalam mengambil keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan konfirmasi preferensi konsumen terhadap dua merek minuman serbuk rasa jeruk diantara beberapa merek minuman serbuk merek yang lainnya dengan mengambil responden siswa-siswi SMU Theresiana I Semarang. Dua merek minuman serbuk rasa jeruk diambil sebagai sampel berdasarkan nilai jualnya yang sama dan frekuensi konsumsi yang tinggi di lingkungan SMU Theresiana I Semarang. Dalam penelitian ini dilakukan penelitian pendahuluan untuk mengetahui merek minuman serbuk yang biasa dikonsumsi oleh siswa-siswi SMU Theresiana 1, kemudian dilanjutkan penilaian subjektif dengan cara uji sensoris dan pengukuran objektif di laboratorium. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan SPSS for window versi 14.0. Analisa statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa statistik nonparametrik. Hasil penelitian pendahuluan didapat bahwa dari 100 responden, 45% siswa mengkonsumsi Marimas, 15% mengkonsumsi Jas-Jus. 35% responden mengatakan bahwa kebiasaan adalah salah satu unsur yang mereka lakukan dalam hal memilih minuman serbuk. Sebanyak 28% responden mengatakan bahwa harga produk yang murah menyebabkan mereka memilih untuk mengkonsumsi minuman serbuk. Dan 18% responden menyatakan mereka memilih salah satu produk minuman serbuk tersebut karena merek itu yang ada didekat mereka. Berdasarkan uji sensori, Jas-Jus lebih mendapat nilai yang lebih tinggi dibandingkan Marimas. Pengujian sensori berkorelasi positif terhadap pengukuran objektif antara Marimas dan Jas-Jus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology
Divisions: Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 18 Dec 2015 01:49
Last Modified: 18 Dec 2015 01:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/7028

Actions (login required)

View Item View Item