THE INFLUENCE OF PACKAGING AND TASTE ELEMENTS ON THE POPULARITY OF KFC & CHY-CHY FRIED CHICKEN

PRASETYO, ANGGIK YULIYANTO (2023) THE INFLUENCE OF PACKAGING AND TASTE ELEMENTS ON THE POPULARITY OF KFC & CHY-CHY FRIED CHICKEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.J1.0006 - ANGGIK YULIYANTO PRASETYO - COVER_a.pdf

Download (85kB)
[img] Text
19.J1.0006 - ANGGIK YULIYANTO PRASETYO - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
19.J1.0006 - ANGGIK YULIYANTO PRASETYO - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
19.J1.0006 - ANGGIK YULIYANTO PRASETYO - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
19.J1.0006 - ANGGIK YULIYANTO PRASETYO - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
19.J1.0006 - ANGGIK YULIYANTO PRASETYO - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
19.J1.0006 - ANGGIK YULIYANTO PRASETYO - DAPUS_a.pdf

Download (230kB)
[img] Text
19.J1.0006 - ANGGIK YULIYANTO PRASETYO - LAMP_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini banyak bahan yang diolah menjadi berbagai makanan dan kemasan yang beragam, seperti ayam goreng renyah. Dalam kemasan ada beberapa elemen yang menjadi fokus: warna, bentuk, tekstur, dan berat. Selain unsur kemasan, penelitian terhadap ayam goreng krispi juga berfokus pada unsur rasa: jenis rasa, bau, dan rangsangan mulut. Penelitian ini memanfaatkan ayam goreng renyah yang mendunia: KFC yang populer, dan ayam goreng renyah lokal: Ayam Goreng Chy-Chy. Dalam pembahasan elemen kemasan dan rasa, popularitas KFC dan Chy-Chy Fried Chicken melibatkan pemeriksaan strategi budaya populer apa yang telah digunakan untuk mempertahankan popularitas mereka. Dalam menganalisis dan menafsirkan data, peneliti menggunakan penelitian kualitatif yaitu mengamati dan melakukan wawancara terhadap tujuh responden terpilih: satu orang pemilik Ayam Goreng Chy-Chy, satu orang manajer dari KFC Ungaran, dan lima orang pelanggan yang mengonsumsi Ayam Goreng Chy-Chy dan KFC. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Mengglobalnya KFC disebabkan oleh empat macam elemen kemasan yang dikemukakan oleh Spence, KFC mempunyai warna merah putih, bentuk kotak persegi panjang, tekstur halus, dan bobot KFC ringan dibandingkan warna coklat putih, bentuk styrofoam persegi panjang, tekstur kertas minyak, dan kemasan Ayam Goreng Chy-Chy yang ringan. 2) KFC memiliki aroma gurih, rasa gurih, rangsangan lembab yang menggugah selera. Sedangkan di KFC, Ayam Goreng Chy-Chy memiliki aroma tepung, rasa tepung kering, dan rangsangan renyah yang menggugah selera. Hal ini sejalan dengan tiga unsur rasa yang dikemukakan Azizah. 3) Meskipun Ayam Goreng Chy-Chy adalah produk lokal, ayam ini menggunakan beberapa strategi budaya populer untuk menjadikannya produk yang terstandarisasi dan mengglobal seperti KFC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Production Economics > Small Business
300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations > Brands
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > Food Technology > Food Development Product
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 14 May 2024 06:04
Last Modified: 14 May 2024 06:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35433

Actions (login required)

View Item View Item