PENGUKURAN RASIO SOCIAL RETURN ON INVESTMENT TERHADAP PENERAPAN PROGRAM CSR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR PABRIK PT SIDO MUNCUL TBK.

WIJAYA, RAFELLINO GARDICA (2023) PENGUKURAN RASIO SOCIAL RETURN ON INVESTMENT TERHADAP PENERAPAN PROGRAM CSR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR PABRIK PT SIDO MUNCUL TBK. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.G1.0093-RAFELLINO GARDICA WIJAYA-COVER_a.pdf

Download (586kB)
[img] Text
19.G1.0093-RAFELLINO GARDICA WIJAYA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
19.G1.0093-RAFELLINO GARDICA WIJAYA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
19.G1.0093-RAFELLINO GARDICA WIJAYA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
19.G1.0093-RAFELLINO GARDICA WIJAYA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
19.G1.0093-RAFELLINO GARDICA WIJAYA-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
19.G1.0093-RAFELLINO GARDICA WIJAYA-DAPUS_a.pdf

Download (319kB)
[img] Text
19.G1.0093-RAFELLINO GARDICA WIJAYA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

PT Sidomuncul memiliki program pemberdayaan masyarakat, terkait dengan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi di sekitar. Pemberdayaan masyarakat yang diberikan kepada tim adalah CSR Desa Wisata (DEWI) Alpukat dan CSR Lembu Lemu. Program CSR ini sudah berlangsung lama sekitar dua sampai tiga tahun sebelum pandemi dan pada saat pandemi bantuan dilakukan di lapangan tetapi tidak tatap muka, dikomunikasikan melalui Whatsapp kepada warga yang dapat dibantu. Apabila terdapat penyakit atau gangguan pada buah alpukat, PT Sidomuncul akan menyediakan bahan herbal berupa obat herbal ramah lingkungan. Begitu pula dengan CSR Lembu Lemu, diberikan pakan dan perawatan dengan memanfaatkan limbah herbal pabrik yang meningkatkan imunitas sapi. Tim melakukan penelitian terkait pengukuran Social Return on Investment (SROI) pada kedua program CSR Pabrik PT Sidomuncul, serta pengabdian berupa bantuan kepada petani dan peternak untuk mencatat penerimaan dan pengeluaran untuk melaksanakan program CSR. Hasilnya adalah perhitungan SROI. Nilai SROI program CSR Pabrik PT Sidomuncul dilakukan dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari kuesioner yang diberikan kepada masyarakat dna wawancara yang dilakukan kepada beberapa orang kunci dalam pengembangan CSR. Tim juga menggunakans umber data sekunder yang diperoleh dari keuangan yang dibuat oleh perusahaan PT Sidomuncul pada kedua program CSR tersebut. Hasil SROI menunjukkan lebih dari 1, artinya manfaat dampak CSR PT Sidomuncul dirasakan oleh anggota petani (DEWI Alpukat) dan ternak (Lembu Lemu) di kawasan Klepu, Kecamatan Bergas, Kota Ungaran. laporan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:07
Last Modified: 13 Dec 2023 06:07
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34021

Actions (login required)

View Item View Item