EFIKASI DIRI GURU: FAKTOR YANG MEMENGARUHI DAN INTERVENSI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI

SITUMORANG, AGNES MELATI (2023) EFIKASI DIRI GURU: FAKTOR YANG MEMENGARUHI DAN INTERVENSI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.E1.0261-AGNES MELATI SITUMORANG-COVER_a.pdf

Download (590kB)
[img] Text
18.E1.0261-AGNES MELATI SITUMORANG-BAB_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
18.E1.0261-AGNES MELATI SITUMORANG-DAPUS_a.pdf

Download (414kB)
[img] Text
18.E1.0261-AGNES MELATI SITUMORANG-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tuntutan profesi guru di masa sekarang sangatlah berat. Hal ini dikarenakan peran guru sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan yang tujuannya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tanggung jawab yang dipikul dalam menjalankan kurikulum yang terus berubah, pemahaman akan karakteristik murid, serta penguasaan akan teknologi membuat guru diwajibkan untuk memiliki keyakinan diri yang tinggi untuk menjalankan perannya. Keyakinan diri atau efikasi diri merupakan aspek penting dalam menghadapi sebuah masalah karena efikasi diri akan memberikan dorongan untuk menyelesaikan tantangan atau mencapai sebuah tujuan. Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui faktor efikasi diri, dampak dari efikasi diri guru dalam peran mereka sebagai tenaga pengajar, intervensi dalam meningkatkan efikasi diri guru, serta adanya tuntutan profesi guru di masa modern. Naskah ini merupakan Literature Review dengan menggunakan metode atau pendekatan kepustakaan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah berbagai jurnal, buku, artikel penelitian, serta sumber-sumber data lain terkait efikasi diri guru dalam mengajar di masa modern yang didapat melalui Google Scholar dan Researchgate, dengan kata kunci: efikasi diri guru, masa modern, peran guru, kinerja guru. Hasil menunjukkan bahwa efikasi diri guru di masa modern mempengaruhi kinerja guru, motivasi, kreativitas, gaya mengajar, keterikatan, serta prestasi siswa. Efikasi diri guru dapat ditingkatkan melalui pelatihan Universal Design for Learning dan Praktik Pelatihan Lapangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Dec 2023 00:27
Last Modified: 12 Dec 2023 00:27
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33920

Actions (login required)

View Item View Item