STRATEGI ALTERNATIF PENGEMBANGAN E-COMMERCE SELMON SHOP

SANTOSO, ZERLINA MONIQUE (2023) STRATEGI ALTERNATIF PENGEMBANGAN E-COMMERCE SELMON SHOP. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.D1.0030-ZERLINA MONIQUE SANTOSO-COVER_a.pdf

Download (884kB)
[img] Text
17.D1.0030-ZERLINA MONIQUE SANTOSO-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17.D1.0030-ZERLINA MONIQUE SANTOSO-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
17.D1.0030-ZERLINA MONIQUE SANTOSO-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
17.D1.0030-ZERLINA MONIQUE SANTOSO-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17.D1.0030-ZERLINA MONIQUE SANTOSO-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
17.D1.0030-ZERLINA MONIQUE SANTOSO-DAPUS_a.pdf

Download (441kB)
[img] Text
17.D1.0030-ZERLINA MONIQUE SANTOSO-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB)

Abstract

Teknologi pada era globalisasi saat ini tidak perlu diragukan lagi. Pengguna internet sangat berkembang pesat terutama dalam bidang bisnis. Sejak berkembangnya teknologi internet, para penggunanya meluas ke berbagai kalangan karena dipandang internet dapat memberikan manfaat yang besar dalam bidang bisnis. Dengan adanya internet diharapkan perusahaan dapat mendapatkan manfaat semaksimal mungkin didalam dunia bisnis yang kompetitif. Perusahaan yang mampu bersaing adalah perusahaan yang mampu mengimplementasikan perusahaannya kedalam teknologi. Salah satu jenis teknologi yang dapat diimplementasikan perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan adalah dengan menggunakan e-commerce ( electronic commerce ) yang mampu memasarkan product maupun jasa Selmon Shop merupakan salah satu toko dari e-commerce Tokopedia yang menawarkan produk-produk elektronik kebutuhan rumah tangga. Selmon Shop sendiri sudah berdiri sejak Oktober 2019. Pemilik mendirikan Selmon Shop karena ingin menjangkau konsumen dari seluruh Indonesia. Berdasarkan dari hasil analisis IFAS didapatkan nilai total sebesar 3,31 sedangkan dari matriks EFAS menunjukkan nilai 2,61. Hal ini berarti bahwa kekuatan dari Selmon Shop lebih besar dibandingkan dari kelemahannya serta peluang bagi Selmon Shop untuk berkembang lebih besar dari ancamannya. Hasil Matriks Internal-Eksternal (I-E) menunjukkan bahwa perpotongan total matriks IFAS dan matriks EFAS ada pada kuadran 1V yang menunjukkan bahwa jenis strategi yang dipilih untuk Selmon Shop dalam, penelitian ini adalah strategi intensif. Berdasarkan matriks SWOT, ditemukan 5 strategi untuk mengembangkan e-commerce Selmon Shop. Alternatif strategi S-O yaitu program pembayaran split payment. Alternatif strategi W-O adalah penambahan initial buffer stock untuk produk yang laku dan penambahan bubble wrap, stiker fragile dan pakcing kayu pada saat melakukan pengemasan. Alternatif strategi S-T adalah penambahan variasi produk yang belum ada di Indonesia. Alternatif strategi W-T adalah promo flash sale dan live sale.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:52
Last Modified: 08 Dec 2023 01:52
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33813

Actions (login required)

View Item View Item