PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL SD NEGERI SENDANGMULYO 04

RAZAQA, KHAIRANA ALIFIAN (2023) PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL SD NEGERI SENDANGMULYO 04. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.E1.0217-Khairana Alifian Razaqa-COVER_a.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
19.E1.0217-Khairana Alifian Razaqa-BAB_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
19.E1.0217-Khairana Alifian Razaqa-DAPUS_a.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
19.E1.0217-Khairana Alifian Razaqa-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi anak yang secara umum memiliki karakteristik yang berbeda dengan anak seusianya. Anak berkebutuhan khusus memerlukan penanganan serta tenaga ekstra dari orang tua, keluarga, masyarakat sekitar, tenaga pendidik dan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PPI bagi anak disabilitas intelektual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pendekatan ini dipilih karena dinilai tepat dan sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, proses pelaksanaan PPI di lokasi penelitian sudah sesuai dengan prosedur yang dibuat oleh pemerintah. Prosedur tersebut tertuang didalam modul panduan penyusunan program pembelajaran individual yang diterbitkan oleh Kemendikbud, sehingga dapat dikatakan proses tersebut sudah sesuai dengan maksud dan keinginan pemerintah dalam pendirian sekolah inklusi. Semua prosedur dilakukan dengan melibatkan Dinas Pendidikan sebagai penentu arah kebijakan dan bantuan ahli untuk proses assessment. Berdasarkan pengamatan dan wawancara peneliti diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan pendidikan inklusi di lokasi penelitian sudah berjalan dengan baik dan tim yang terlibat dapat bekerjasama secara maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Psychological Testing
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:04
Last Modified: 28 Nov 2023 01:04
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33705

Actions (login required)

View Item View Item