SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY

KURNIAWAN, KEZIA PAULINA (2023) SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img] Text
19.E1.0001-Kezia Paulina Kurniawan-COVER_a.pdf

Download (915kB)
[img] Text
19.E1.0001-Kezia Paulina Kurniawan-BAB_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
19.E1.0001-Kezia Paulina Kurniawan-DAPUS_a.pdf

Download (577kB)
[img] Text
19.E1.0001-Kezia Paulina Kurniawan-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self efficacy dengan social loafing pada mahasiswa, dengan hipotesis “Terdapat hubungan negatif antara self efficacy dengan social loafing pada mahasiswa, dimana semakin tinggi self efficacy maka semakin rendah social loafing pada mahasiswa, demikian pula sebaliknya”. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional untuk menguji hubungan antar variabel. Subjek penelitian ini adalah 43 mahasiswa aktif Prodi S1 Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata yang berjenis kelamin laki-laki. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala social loafing dan skala self efficacy yang disusun oleh peneliti. Berdasarkan uji korelasi, diperoleh koefisien korelasi sebesar -0,595 dengan p<0,01. Dengan demikian, hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi negatif yang sangat signifikan antara self efficacy dengan social loafing, dimana semakin tinggi self efficacy, maka semakin rendah social loafing pada mahasiswa, begitu pula sebaliknya. Sumbangan efektif self efficacy terhadap social loafing pada mahasiswa sebesar 35,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:49
Last Modified: 22 Nov 2023 03:49
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33631

Actions (login required)

View Item View Item