HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DI KOTA SEMARANG YANG ORANG TUANYA BERCERAI

RASENDRIYA, ANMARIA UCCA (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DI KOTA SEMARANG YANG ORANG TUANYA BERCERAI. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-COVER_a.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-BAB VI_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-DAPUS_a.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
18.E1.0083-Anmaria Ucca Rasendriya-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa SMA di Kota Semarang yang orang tuanya bercerai. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara motivasi belajar pada siswa yang orang tuanya bercerai dengan dukungan sosial. Karakteristik responden dalam penelitian ini adalah siswa yang berusia 15-19 tahun yang tidak memiliki motivasi belajar dan memiliki orang tua bercerai. Penelitian kuantitatif korelasional ini mengambil sampel dengan teknik accidental sampling. Skala motivasi belajar siswa dan dukungan sosial digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis dengan Uji Korelasi dari Pearson menunjukan hasil diterima karena terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa. Hasil analisis menunjukan rxy = 0,823 dengan nilai p<0,00 yang artinya hipotesis diterima yakni terdapat hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar siswa. Semakin tinggi dukungan sosial maka motivasi belajar siswa yang memiliki orang tua yang bercerai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Interpersonal Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Parenting
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Emotional Intellegience
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Adult
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Yosua Norman Rumondor
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:20
Last Modified: 13 Oct 2023 07:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33308

Actions (login required)

View Item View Item