PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS AKUN @KEJADIANSMG

CHRISTINE, EMILY DIONA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS AKUN @KEJADIANSMG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.M1.0039-EMILY DIONA CHRISTINE - COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19.M1.0039-EMILY DIONA CHRISTINE - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
19.M1.0039-EMILY DIONA CHRISTINE - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
19.M1.0039-EMILY DIONA CHRISTINE - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
19.M1.0039-EMILY DIONA CHRISTINE - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
19.M1.0039-EMILY DIONA CHRISTINE - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
19.M1.0039-EMILY DIONA CHRISTINE - DAPUS_a.pdf

Download (230kB)
[img] Text
19.M1.0039-EMILY DIONA CHRISTINE - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)

Abstract

Oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, informasi dapat diperoleh dengan mudah melalui penggunaan internet dalam mengakses berita dan informasi. Adanya Instagram menjadi jembatan untuk mendapatkan informasi atau berita secara lebih cepat sebagai solusi dari pemenuhan kebutuhan informasi penggunanya. Akun Instagram @kejadiansmg atau “Informasi Kejadian Semarang” merupakan akun yang mengunggah informasi berupa foto dan video seputar wilayah kota Semarang dari informasi dari akun-akun Instagram lain yang mana dari pengikut akunnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Populasi penelitian ini merupakan pengikut akun Instagram @kejadiansmg dengan pengambilan sampel probability sampling melalui simple random sampling. Sehingga sampel yang ditetapkan yaitu sebanyak 100 sampel melalui fitur direct message yang ada pada aplikasi Instagram dan disebarkan secara online dengan menggunakan fasilitas Google Form. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Uji Normalitas, Uji T, Uji korelasi, Uji koefisien determinasi, Analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian berdasarkan teknik analisis data tersebut menunjukan adanya pengaruh sebanyak 61,5% yang mana merupakan followers yang mendapatkan pemenuhan kebutuhan informasi dari penggunaan media sosial Instagram akun @kejadiansmg. Dan sisanya 38,5% pemenuhan kebutuhan informasi oleh pengguna tidak hanya didapatkan dari media sosial Instagram akun @kejadiansmg saja, namun didapatkan dari media – media yang lain. Adapun saran untuk dapat meningkatkan kebutuhan informasi pengguna sebagai followers tidak hanya menggunakan media sosial Instagram, namun dengan memanfaatkan media – media lain yang bisa memenuhi kebutuhan informasi followers

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:13
Last Modified: 09 Oct 2023 04:13
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33136

Actions (login required)

View Item View Item