ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CROWDFUNDING

IKMINTO, RAFFAELE SANCHO (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CROWDFUNDING. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.D1.0045-Raffaele Sancho Ikminto-COVER_a.pdf

Download (446kB)
[img] Text
19.D1.0045-Raffaele Sancho Ikminto-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
19.D1.0045-Raffaele Sancho Ikminto-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
19.D1.0045-Raffaele Sancho Ikminto-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
19.D1.0045-Raffaele Sancho Ikminto-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
19.D1.0045-Raffaele Sancho Ikminto-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
19.D1.0045-Raffaele Sancho Ikminto-DAPUS_a.pdf

Download (168kB)
[img] Text
19.D1.0045-Raffaele Sancho Ikminto-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Crowdfunding berasal dari bahasa inggirs crowd dan funding yang masing-masing memiliki arti kumpulan orang dan pendanaan. Secara harafiah, crowdfunding memiliki makna pendanaan dari orang banyak untuk tujuan bersama. Pre-Sales Crowdfunding adalah salah satu bagian dari crowdfunding yang diawali dari proses pembelian produk, penggunaan dana untuk memproduksi, pengiriman, hingga konsumen mendapatkan produk. Pre-sales crowdfunding memiliki risiko yang sangat tinggi bagi konsumen seperti tidak adanya jaminan, kualitas produk yang tidak bisa ditebak, hingga risiko hilangnya dana, namun masih banyak konsumen yang mempercayakan dananya untuk membeli produk melalui crowdfunding. Tujuan akhir penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen ketika melakukan keputusan pembelian dengan presales crowdfunding setelah mengetahui risiko dalam crowdfunding. Variabel yang digunakan berjumlah 28 variabel yang diperoleh melalui pra-survey kepada 5 responden yang pernah membeli dengan crowdfunding pada komunitas Facebook dan Discord. Variabel kemudian digunakan untuk menyusun kuesioner yang kemudian dibagikan kepada komunitas Facebook dan Discord yang pernah membeli produk dengan crowdfunding sejumlah 150 responden WNI dan WNA. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah Faktor Citra Perusahaan, Fakor Produksi, Faktor Keyakinan, dan Faktor Pengalaman adalah alasan responden membeli produk melalui crowdfunding meskipun telah mengetahui risiko dalam crowdfunding

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:00
Last Modified: 26 Sep 2023 08:00
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32845

Actions (login required)

View Item View Item