EVALUASI MANAJEMEN CHANNEL YOUTUBE PATRIK YUSMA

SAPUTRA, PATRIK YUSMA (2023) EVALUASI MANAJEMEN CHANNEL YOUTUBE PATRIK YUSMA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.D1.0047-PATRIK YUSMA SAPUTRA-COVER_a.pdf

Download (549kB)
[img] Text
18.D1.0047-PATRIK YUSMA SAPUTRA-BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
18.D1.0047-PATRIK YUSMA SAPUTRA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
18.D1.0047-PATRIK YUSMA SAPUTRA-BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
18.D1.0047-PATRIK YUSMA SAPUTRA-BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
18.D1.0047-PATRIK YUSMA SAPUTRA-BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
18.D1.0047-PATRIK YUSMA SAPUTRA-DAPUS_a.pdf

Download (261kB)
[img] Text
18.D1.0047-PATRIK YUSMA SAPUTRA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)

Abstract

Di zaman serba digital seperti ini, tentunya ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang. Channel YouTube Patrik Yusma, termasuk di dalam bisnis di bidang ekonomi kreatif atau biasa disebut bisnis digital dengan konten utama tutorial yang berdiri sejak bulan Mei 2017. Namun, seiring berjalannya waktu, pendapatan dari bisnis digital ini mengalami kenaikan dan penurunan. Untuk mempertahankan bisnis serta meningkatkan pendapatannya, maka diperlukan analisis strategi menggunakan fungsi POAC yang mencakup aspek pemasaran, keuangan, produksi dan sumber daya manusia. Analisis POAC dilakukan untuk mengevaluasi lingkungan internal yang mencakup tahapan planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan) dan controlling (pengawasan). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengimplementasikan manajemen yang baik pada pengelolaan channel YouTube Patrik Yusma dengan menggunakan analisis POAC. Penelitian dilakukan secara online melalui link channel YouTube Patrik Yusma yaitu www.youtube.com/c/PatrikYusma . Terdapat 2 kelompok responden, yaitu responden pemilik dan responden penonton. Populasi penelitian ini adalah seluruh viewers channel YouTube Patrik Yusma dan diambil 30 penonton dengan kriteria tertentu sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan penyebaran kuesioner melalui Google Form. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Data dianalisis dengan fungsi manajemen POAC yang mencakup aspek pemasaran, keuangan, produksi dan sumber daya manusia. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah implementasi manajemen channel YouTube Patrik Yusma belum masuk dalam kategori baik (implementasi manajemen baik jika sudah mengimplementasikan manajemen sebesar 75%), karena channel YouTube Patrik Yusma baru bisa melaksanakan implementasi manajemen sebanyak 9 implementasi dari keseluruhan 16 implementasi, itu artinya channel YouTube Patrik baru mengimplementasikan manajemen sebesar 57 % dari keseluruhan 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:46
Last Modified: 26 Sep 2023 06:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32827

Actions (login required)

View Item View Item