HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI STRES DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG

TRIWIDIANINGSIH, MARIA GORETI SARA (2023) HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI STRES DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH_COVER_a.pdf

Download (962kB)
[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH_BAB I_a.pdf

Download (453kB)
[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH_BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH_BAB III_a.pdf

Download (600kB)
[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH_BAB IV_a.pdf

Download (493kB)
[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH_BAB V_a.pdf

Download (588kB)
[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH_BAB VI_a.pdf

Download (308kB)
[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH-DAPUS_a.pdf

Download (557kB)
[img] Text
19.P1.0030-MARIA GORETI SARA TRIWIDIANINGSIH_LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Ketika sudah memasuki dunia kedokteran, semua mahasiswa harus siap untuk dituntut memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, keterampilan yang baik dan sikap yang profesional sehingga bisa lulus sebagai dokter yang baik, baik dari tuntutan akademik, tuntutan eksternal maupun internal, dikarenakan menjadi, inilah yang menyebabkan mahasiswa mengalami stres. Penyebab stres berupa pengalaman pribadi dan lingkungan biasa dikenal dengan stressor. Stresor mahasiswa kedokteran secara umum dikelompokkan menjadi enam kategori yaitu stresor terkait akademik (ARS), stresor terkait intrapersonal dan interpersonal (IRS), stresor terkait kegiatan belajar mengajar (TLRS), stresor terkait sosial (SRS), stresor terkait dorongan dan keinginan (DRS) dan stresor terkait aktivitas kelompok (GARS). Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis observasional analitik dan desain cross sectional dimana pengambilan data pada suatu waktu tertentu. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara ARS, TLRS, SRS, DRS dan GARS dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Soegijapranata Semarang dengan nilai p-value 0.000, sedangkan IRS diperoleh nilai p-value 0.002. Hasil uji Spearman ini menunjukkan bahwa nilai p-value <0.05 sehingga H1 diterima atau signifikan. Hasil analisis multivariat dengan menggunakan uji statistik regresi logistik ordinal menunjukkan bahwa dari keenam faktor yang yang memiliki hubungan dengan tingkat stres mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Soegijapranata Semarang didapatkan hasil bahwa faktor Faktor yang memiliki korelasi yang kuat terhadap tingkat stres mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Soegijapranata Semarang adalah stresor terkait akademik (ARS). Kesimpulan: Hasil analisis hubungan dengan Chi-square menunjukkan bahwa ARS, IRS, TLRS, SRS, DRS dan GARS memiliki hubungan dengan tingkat stres mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Hasil analisis multivariat dengan menggunakan uji statistik regresi logistik ordinal didapatkan hasil bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah ARS dan TLRS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 616 Diseases > Health Psychology > Stress
Divisions: Faculty of Medicine
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:57
Last Modified: 16 Jun 2023 08:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/32156

Actions (login required)

View Item View Item