PROSES INOVASI PACKAGING PADA CRACKEDBOX DI KOTA SEMARANG

HEMAWATI, NAVY JIHAN ANANDA (2023) PROSES INOVASI PACKAGING PADA CRACKEDBOX DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.D1.0205-NAVY JIHAN ANANDA HEMAWATI-COVER_a.pdf

Download (734kB)
[img] Text
17.D1.0205-NAVY JIHAN ANANDA HEMAWATI-BAB I_a.pdf

Download (696kB)
[img] Text
17.D1.0205-NAVY JIHAN ANANDA HEMAWATI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
17.D1.0205-NAVY JIHAN ANANDA HEMAWATI-BAB III_a.pdf

Download (424kB)
[img] Text
17.D1.0205-NAVY JIHAN ANANDA HEMAWATI-BAB IV_a.pdf

Download (817kB)
[img] Text
17.D1.0205-NAVY JIHAN ANANDA HEMAWATI-BAB V_a.pdf

Download (279kB)
[img] Text
17.D1.0205-NAVY JIHAN ANANDA HEMAWATI-DAPUS_a.pdf

Download (412kB)
[img] Text
17.D1.0205-NAVY JIHAN ANANDA HEMAWATI-LAMP_a.pdf

Download (359kB)

Abstract

CrackedBox adalah usaha yang bergerak dibidang kuliner, khususnya yaitu ricebox yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Penjualannya dilakukan melalui sosial media seperti WhatsApp, dan Instagram serta bekerja sama melalui layanan pesan antar makanan Gofood dan Grabfood. Dalam usahanya di penjualan produk CrackedBox masih kerap menghadapi beberapa masalah. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh bisnis CrackedBox seperti kurangnya inovasi pada CrackedBox. Sebagai bisnis baru bisnis penjualan makanan ricebox CrackedBox pemilik atau owner harus menciptakan inovasi pada CrackedBox agar dapat bertahan dalam persaingan di bidang usaha ini. Inovasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan rangkaian proses inovasi dari tahap idea generation, opportunity recognition, idea evaluation, development, dan commercialization. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa berdasarkan analisis deskriptif yang telah ditunjukkan oleh responden CrackedBox bahwa bahan yang dipilih dalam pengemasan produk cukup berpengaruh terhadap minat beli konsumen, terbukti. Penggantian kraft paper dari sebelum inovasi berbentuk kubus menjadi bentuk balok menambah daya tarik konsumen karena membuat kesan isian lebih banyak. Dengan perbedaan harga inovasi packaging yang tidak terlalu signifikan membuat inovasi dengan konsep ecogreen ini diterima baik oleh pelanggan. Kenaikan harga setelah inovasi packaging tidak memberatkan pelanggan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 31 May 2023 07:05
Last Modified: 31 May 2023 07:05
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31888

Actions (login required)

View Item View Item