POLA KOMUNIKASI ORGANISASI BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN SETDA KOTA CIREBON DALAM PELAKSANAAN FUNGSI KEHUMASAN TAHUN 2022

MARISA, THERESIA SHELLA (2023) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN SETDA KOTA CIREBON DALAM PELAKSANAAN FUNGSI KEHUMASAN TAHUN 2022. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
19.M1.0006-THERESIA SHELLA MARISA-COVER_a.pdf

Download (651kB)
[img] Text (BAB I)
19.M1.0006-THERESIA SHELLA MARISA-BAB I_a.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB II)
19.M1.0006-THERESIA SHELLA MARISA-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
19.M1.0006-THERESIA SHELLA MARISA-BAB III_a.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB IV)
19.M1.0006-THERESIA SHELLA MARISA-BAB IV_a.pdf

Download (689kB)
[img] Text (BAB V)
19.M1.0006-THERESIA SHELLA MARISA-BAB V_a.pdf

Download (184kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19.M1.0006-THERESIA SHELLA MARISA-DAPUS_a.pdf

Download (267kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.M1.0006-THERESIA SHELLA MARISA-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peraturan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 30 Tahun 2011 (Permenpan & RB No.30 Tahun 2011) merupakan acuan atas fungsi hubungan masyarakat (humas) di lingkungan Instansi Pemerintah. Pada pelaksanaan fungsi humas tersebut dilaksanakan oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan di Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cirebon. Pelaksanaan fungsi humas oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan di Setda Kota Cirebon memerlukan komunikasi yang mendukung yaitu komunikasi organisasi. Dalam pelaksanaan fungsi humas diperlukan suatu pola komunikasi agar pelaksanaannya dapat lebih maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi organisasi Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Cirebon dalam pelaksanaan fungsi kehumasan tahun 2022. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Cirebon menerapkan pola komunikasi saluran bebas dalam pelaksanaan fungsi kehumasan tahun 2022, meskipun terdapat posisi sentral seperti yang ada pada pola roda. Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan memiliki posisi sentral atau pusat yang menjadi penerima dan pemberi informasi yaitu Kepala Sub Bagian Protokol, namun pola komunikasi yang terjalin tetap tidak terstruktur. Berdasarkan penelitian tersebut tidak ditemukan pola komunikasi rantai, pola komunikasi lingkaran dan pola komunikasi Y. Contoh kegiatan yang dilakukan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan dalam pelaksanaan fungsi humas yaitu menjadi juru bicara pimpinan, mempersiapkan kegiatan pemerintahan seperti membuat press release, membuat naskah sambutan, naskah arahan, memastikan dan konfirmasi kegiatan pimpinan. Kesimpulan berdasarkan penelitian ini yaitu Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Cirebon menerapkan pola komunikasi saluran bebas dan terdapat posisi sentral seperti pada pola roda sebagai penerima dan pemberi informasi dalam pelaksanaan fungsi kehumasan nomor satu dan pelaksanaannya berkaitan dengan seluruh kegiatan pimpinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:39
Last Modified: 31 Mar 2023 02:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31304

Actions (login required)

View Item View Item