KAJIAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA FAMILY BUSINESS (Studi Empiris : PT. Janico Raya Semarang)

MINDRAWATI, DENY NITALIA (2023) KAJIAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA FAMILY BUSINESS (Studi Empiris : PT. Janico Raya Semarang). Masters thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
21.G3.0016-DENY NITALIA MINDRAWATI-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21.G3.0016-DENY NITALIA MINDRAWATI-BAB I_a.pdf

Download (498kB)
[img] Text
21.G3.0016-DENY NITALIA MINDRAWATI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text
21.G3.0016-DENY NITALIA MINDRAWATI-BAB III_a.pdf

Download (249kB)
[img] Text
21.G3.0016-DENY NITALIA MINDRAWATI-BAB IV_a.pdf

Download (841kB)
[img] Text
21.G3.0016-DENY NITALIA MINDRAWATI-BAB V_a.pdf

Download (239kB)
[img] Text
21.G3.0016-DENY NITALIA MINDRAWATI-DAPUS_a.pdf

Download (241kB)
[img] Text
21.G3.0016-DENY NITALIA MINDRAWATI-LAMP_a.pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji implementasi Good Corporate Governance (GCG) dan pelaksanaan sistem pengendalian internal perusahaan. Analisis data menggunakan metode kualitatif berlandaskan pada filsafat positivisme. Objek penelitian ini dilakukan pada perusahaan family business yang bergerak di industri manufaktur sejak tahun 1946. Teknik penentuan responden atau partisipan dengan purposive sampling, yaitu diambil dari kelompok top management (1 orang), middle management (3 orang), dan staf (5 orang). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus melalui wawancara. Hasil penelitian : (1). Implementasi GCG belum diterapkan penuh oleh perusahaan family business dalam best practice. Nampak dari pelaksanaan RUPS tahunan belum diselenggarakan sesuai prosedur, Dewan Komisris yang telah terbentuk berasal dari para anggota keluarga, dan Pendukung Dewan Komisaris belum dibentuk. Direksi dan pendukung Direksi belum menjalankan semua tata kelola yang baik, dan belum mempunyai standar minimal dokumen-dokumen kebijakan. (2). SPI pada perusahaan family business belum diterapkan dengan baik. Misalnya sehubungan dengan lingkungan pengendalian, belum adanya pengembangan sistem akuntabilitas, garis komando dan otorisasi masih tersentral pada direktur. Terkait dengan penaksiran risiko, perusahaan belum melakukan identifikasi dan penilaian risiko. Aktivitas pengendalian belum adanya kebijakan yang dibuat, dengan demikian belum ada mekanisme pengendalian risiko dengan baik, dan belum adanya perangkat/intrumen pengendalian. Sistem informasi dan komunikasi pada perusahaan baik internal maupun eksternal berjalan dengan baik, meskipun belum ada sistem informasi dan komunikasi secara khusus. Disisi lain, sehubungan dengan monitoring juga belum dilakukan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting
Divisions: Graduate Program in Accountancy
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:39
Last Modified: 30 Mar 2023 01:39
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31266

Actions (login required)

View Item View Item