ANALISIS TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PADA TIKTOK LIVE AKUN @erigo.store

LABEN, OEI, YESAYA AGUNG SANJAYA (2023) ANALISIS TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF PADA TIKTOK LIVE AKUN @erigo.store. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.M1.0060-Oei, Yesaya Agung Sanjaya Laben-COVER_a.pdf

Download (735kB)
[img] Text (BAB I)
18.M1.0060-Oei, Yesaya Agung Sanjaya Laben-BAB I_a.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB II)
18.M1.0060-Oei, Yesaya Agung Sanjaya Laben-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (BAB III)
18.M1.0060-Oei, Yesaya Agung Sanjaya Laben-BAB III_a.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB IV)
18.M1.0060-Oei, Yesaya Agung Sanjaya Laben-BAB IV_a.pdf

Download (935kB)
[img] Text (BAB V)
18.M1.0060-Oei, Yesaya Agung Sanjaya Laben-BAB V_a.pdf

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0060-Oei, Yesaya Agung Sanjaya Laben-DAPUS_a.pdf

Download (302kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.M1.0060-Oei, Yesaya Agung Sanjaya Laben-LAMP_a.pdf

Download (193kB)

Abstract

Media sosial merupakan media yang memudahkan aktivitas manusia. Salah satu aktivitas yang digemari adalah belanja online. Media yang dapat digunakan untuk berbelanja online adalah TikTok. Melalui TikTok, para pelaku usaha dapat melakukan kegiatan TikTok Live Shopping yang lebih interaktif dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik komunikasi persuasif apa saja yang digunakan oleh akun TikTok @erigo.store. Peneliti menggunakan teori komunikasi persuasif yang ditulis oleh Ezi Hendri. Kajian komunikasi verbal dan nonverbal juga diteliti guna mengetahui praktik secara langsung ketika melangsungkan kegiatan TikTok Live Shopping. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini akan diperoleh dari dokumentasi atau rekaman layar pada akun TikTok Live @erigo.store. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa TikTok Live Shopping merupakan kegiatan belanja online yang baru karena lebih interaktif dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Komunikasi persuasif merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mempromosikan produk yang dijual. Kelima teknik komunikasi persuasif yang diterapkan oleh akun @erigo.store yaitu teknik transfer, teknik bandwagon, teknik planting, teknik appeals to humor, dan teknik effect of repetition telah ditemukan dan memiliki dampak bagi pemasaran produknya. Dampak yang dihasilkan yaitu berupa keputusan pembelian dari para penonton yang dapat dilihat pada ruangan live.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Mar 2023 01:37
Last Modified: 30 Mar 2023 01:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31263

Actions (login required)

View Item View Item