PENGARUH KELOMPOK REFERENSI TERHADAP MINAT BELI KOMUNITAS VIRTUAL MECHANICAL KEYBOARD

ARIAWAN, JOSHUA CHANDRA (2023) PENGARUH KELOMPOK REFERENSI TERHADAP MINAT BELI KOMUNITAS VIRTUAL MECHANICAL KEYBOARD. Other thesis, Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

[img] Text (COVER)
18.M1.0005-JOSHUA CHANDRA ARIAWAN-COVER_a.pdf

Download (725kB)
[img] Text (BAB I)
18.M1.0005-JOSHUA CHANDRA ARIAWAN-BAB I_a.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB II)
18.M1.0005-JOSHUA CHANDRA ARIAWAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
18.M1.0005-JOSHUA CHANDRA ARIAWAN-BAB III_a.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB IV)
18.M1.0005-JOSHUA CHANDRA ARIAWAN-BAB IV_a.pdf

Download (786kB)
[img] Text (BAB V)
18.M1.0005-JOSHUA CHANDRA ARIAWAN-BAB V_a.pdf

Download (231kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18.M1.0005-JOSHUA CHANDRA ARIAWAN-DAPUS_a.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.M1.0005-JOSHUA CHANDRA ARIAWAN-LAMP_a.pdf

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melihat apakah konsep teori kelompok referensi mempunyai pengaruh terhadap minat beli. Melihat apakah minat beli sebuah mechanical keyboard di komunitas virtual yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh kelompok referensi. Penelitian ini menggunakan metode dan jenis penelitian kuantitatif menggunakan survei. Survei di sebar ke 100 orang yang ada di komunitas virtual Indonesia Mechanical Keyboard Group (IMKG). Dimana populasi penelitian ini merupakan anggota dari komunitas virtual IMKG sebanyak 69.969 anggota. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas KolmogorovSmirnov, uji regresi linier sederhana dan uji korelasi. Dari kuesioner yang ada, dapat dilihat kegiatan membaca unggahan di dalam komunitas termasuk tinggi dan terbukti mempengaruhi rasa minat beli mechanical keyboard. Pengaruh informasi yang terjadi di dalam sebuah komunitas virtual juga tinggi. Komunitas virtual ini menerapkan pengaruh normatif dan pengaruh informasi yang mana termasuk pengaruh kelompok referensi. Hasil analisis data menunjukan bahwa kelompok referensi memiliki korelasi yang kuat dan positif terhadap minat beli, dengan taraf korelasinya sebesar 0,659. Pengaruh kelompok referensi terhadap minat beli komunitas virtual mechanical keyboard sebesar 43,5%. Ini membuktikan bahwa kelompok referensi memang bisa mempengaruhi bagaimana perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian dan konsumsi. Penelitian ini memberikan perspektif bahwa kelompok referensi memberikan pengaruh terhadap minat beli seseorang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > Social Support
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:17
Last Modified: 29 Mar 2023 06:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31240

Actions (login required)

View Item View Item