ANALISIS PENGELOLAAN TENAGA KERJA DIFABEL BERDASARKAN PEDOMAN INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION (ILO) PADA YAYASAN KELUARGA SEJAHTERA MANUNGGAL SLAWI

WIBOWO, FRANSISKUS XAVERIUS MARCHELINO IVAN (2023) ANALISIS PENGELOLAAN TENAGA KERJA DIFABEL BERDASARKAN PEDOMAN INTERNATIONAL LABOUR ORGANIZATION (ILO) PADA YAYASAN KELUARGA SEJAHTERA MANUNGGAL SLAWI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.D1.0225-Fransiskus Xaverius Marchelino Ivan Wibowo-COVER_a.pdf

Download (475kB)
[img] Text
18.D1.0225-Fransiskus Xaverius Marchelino Ivan Wibowo-BAB I_a.pdf

Download (379kB)
[img] Text
18.D1.0225-Fransiskus Xaverius Marchelino Ivan Wibowo-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
18.D1.0225-Fransiskus Xaverius Marchelino Ivan Wibowo-BAB III_a.pdf

Download (202kB)
[img] Text
18.D1.0225-Fransiskus Xaverius Marchelino Ivan Wibowo-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.D1.0225-Fransiskus Xaverius Marchelino Ivan Wibowo-BAB V_a.pdf

Download (118kB)
[img] Text
18.D1.0225-Fransiskus Xaverius Marchelino Ivan Wibowo-DAPUS_a.pdf

Download (339kB)
[img] Text
18.D1.0225-Fransiskus Xaverius Marchelino Ivan Wibowo-LAMP_a.pdf

Download (2MB)

Abstract

Semua manusia berhak mendapatkan kesempatan untuk bekerja sesuai dengan bidang yang mereka inginkan tanpa memandang fisik, suku, ras, dan agama yang dimilikinya. Para penyandang difabel adalah salah satu contoh masyarakat minoritas yang juga berhak untuk mendapatkan hak mereka untuk dapat bekerja sesuai dengan yang mereka inginkan. Namun pada kenyataannya masih sedikit organisasi yang mau menerima penyandang difabel. International Labor Organization (ILO) mendefinisikan MSDM penyandang difabel sebagai proses di organisasi yang dirancang untuk memberikan fasilitas berupa pekerjaan kepada para penyandang difabel melalui berbagai upaya yang terkoordinasi serta dengan memperhitungkan kebutuhan tiap individu, lingkungan kerja, kebutuhan organisasi serta tanggung jawab hukum. ILO juga memberikan beberapa pedoman untuk organisasi bagaimana mengelola tenaga kerja difabel yang bekerja bersamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Yayasan Keluarga Sejahtera Slawi mengelola tenaga kerja difabel yang dimilikinya sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh ILO. Penelitian ini menganalisis 4 aspek MSDM difabel yang didasarkan dari pedoman yang dibuat oleh ILO, yaitu perekrutan, promosi, mempertahankan pekerjaan, dan penyesuaian aksesibilitas dan adaptasi. Penilitan dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan wawancara, studi observasi, dan studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data yang didapat kemudian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan kemudian menggunakan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman untuk menganalisis data tersebut. Hasil penelitian menyatakan bahwa Yayasan Keluarga Sejahtera Manunggal Slawi belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman dari ILO dalam melakukan MSDM difabel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:43
Last Modified: 15 Mar 2023 02:43
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/31014

Actions (login required)

View Item View Item