KOMUNIKASI POLITIK GUBERNUR GANJAR PRANOWO DI AKUN INSTAGRAM @ganjar_pranowo TENTANG PEMBANGUNAN PARIWISATA JAWA TENGAH TAHUN (1 JANUARI 2018 - 31 DESEMBER 2021)

SEPTIVANI, SELNA (2022) KOMUNIKASI POLITIK GUBERNUR GANJAR PRANOWO DI AKUN INSTAGRAM @ganjar_pranowo TENTANG PEMBANGUNAN PARIWISATA JAWA TENGAH TAHUN (1 JANUARI 2018 - 31 DESEMBER 2021). Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0083-SELNA SEPTIVANI-COVER_a.pdf

Download (610kB)
[img] Text
18.M1.0083-SELNA SEPTIVANI-BAB I_a.pdf

Download (363kB)
[img] Text
18.M1.0083-SELNA SEPTIVANI-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
18.M1.0083-SELNA SEPTIVANI-BAB III_a.pdf

Download (348kB)
[img] Text
18.M1.0083-SELNA SEPTIVANI-BAB IV_a.pdf

Download (776kB)
[img] Text
18.M1.0083-SELNA SEPTIVANI-BAB V_a.pdf

Download (224kB)
[img] Text
18.M1.0083-SELNA SEPTIVANI-DAPUS_a.pdf

Download (766kB)
[img] Text
18.M1.0083-SELNA SEPTIVANI-LAMP_a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jawa Tengah memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian daerah, sekaligus potensi wilayah yang harusdipertahankan untuk menjaga keberlanjutan sumber daya alamnya. Politik memiliki kaitan erat dengan kekuasaan, yaitu kekuasaan untuk mengatur sumber daya, salah satunya yaitu sumber daya yang berkaitan dengan pariwisata. Relevansi antara komunikasi politik dengan pembangunan pariwisata adalah keberhasilan suatu pariwisata tergantung pada komunikasi yang dilakukan Ganjar Pranowo sebagai komunikator politik kepada masyarakat dalam memberikan informasi tentang pariwisata, Ganjar Pranowo menggunakan komunikasi secara virtual dalam bentuk informasi melalui Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi politik pariwisata Jawa Tengan pada Instagram @ganjar_pranowo dalam memajukan Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan kualitatif yang mengguakan pendekatan analisis deskriptif. Data diperoleh dari wawancara dengan tim Ganjar dan analisis konten Instagram Ganjar. Hasil penelitian ini komunikasi politik Ganjar Pranowo dilakukan melalui empat unsur dalam komunikasi politik yaitu komunikator politik, pesan politik yang terdiri dari pesan retrotika, iklan politik, propaganda, media dan saluran politik. Dari sekian unsur tersebut Ganjar Pranowo paling sering melakukan unsur pesan politik dalam bentuk pesan propaganda terutama ketika Ganjar Pranowo hendak menyampaikan pesan tentang pariwisata di Borobudur. Kata kunci: Komunikasi Politik, Media Sosial, Pariwisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
900 History and Geography > 910 Geography and travel
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:18
Last Modified: 18 Jan 2023 03:18
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30627

Actions (login required)

View Item View Item