IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PENGGUNA TINDER

RAHMALLY, ROSARIA NOVI (2022) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PENGGUNA TINDER. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
18.M1.0058-ROSARIA NOVI RAHMALLY-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
18.M1.0058-ROSARIA NOVI RAHMALLY-BAB I_a.pdf

Download (332kB)
[img] Text
18.M1.0058-ROSARIA NOVI RAHMALLY-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
18.M1.0058-ROSARIA NOVI RAHMALLY-BAB III_a.pdf

Download (277kB)
[img] Text
18.M1.0058-ROSARIA NOVI RAHMALLY-BAB IV_a.pdf

Download (698kB)
[img] Text
18.M1.0058-ROSARIA NOVI RAHMALLY-BAB V_a.pdf

Download (264kB)
[img] Text
18.M1.0058-ROSARIA NOVI RAHMALLY-DAPUS_a.pdf

Download (244kB)
[img] Text
18.M1.0058-ROSARIA NOVI RAHMALLY-LAMP_a.pdf

Download (445kB)

Abstract

Sebagai sebuah media kencan yang menerapkan Computer Mediated Communication dalam pengaplikasiannya, Tinder telah berhasil membawa perubahan mendasar pada proses inisiasi hubungan, di mana kepercayaan merupakan kualitas yang paling dikehendaki oleh penggunanya dalam menjalin hubungan. Oleh karenanya, diperlukan upaya dalam membangun kepercayaan sebagai syarat pengembangan hubungan. Salah satu bentuk upaya dalam membangun kepercayaan pengguna Tinder adalah dengan menyusun strategi persuasi melalui komunikasi persuasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif diterapkan dalam membangun kepercayaan pengguna Tinder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik Snowball Sampling. Analisis data menggunakan model interaktif dan penarikan kesimpulan dilakukan berdasar pada kaitan antara temuan dengan topik pembahasan yang telah terverifikasi dengan teori. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang dengan kriteria merupakan dan/atau pernah menjadi pengguna aktif Tinder serta pernah mengalami keberhasilan hubungan maupun menjadi target tindak kejahatan melalui Tinder. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan, data sekunder diperoleh melalui jurnal, buku, artikel, berita, maupun aplikasi Tinder. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh simpulan bahwa implementasi komunikasi persuasif umumnya dilakukan dengan cara mengatur profil yang memikat guna menarik perhatian calon matches, bercakap-cakap mengenai topik yang digemari dan dikuasai dengan bahasa yang bersahabat dan mudah dipahami, serta memahami matches dan memanfaatkan konteks situasi dan kondisi yang tepat. Kata kunci : Computer Mediated Communication, Komunikasi Persuasif, Tinder, Kepercayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:22
Last Modified: 17 Jan 2023 08:22
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30620

Actions (login required)

View Item View Item