PERILAKU IMITASI FASHION DRAMA ROMANCE KOREA DI VIDEO ON DEMAND OLEH REMAJA PUTRI DI KOTA SEMARANG

SANTOSO, EVELYN FEBRIANI (2022) PERILAKU IMITASI FASHION DRAMA ROMANCE KOREA DI VIDEO ON DEMAND OLEH REMAJA PUTRI DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
17.M1.0029-Evelyn Febriani Santoso-COVER_a.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0029-Evelyn Febriani Santoso-BAB I_a.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
17.M1.0029-Evelyn Febriani Santoso-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
17.M1.0029-Evelyn Febriani Santoso-BAB III_a.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0029-Evelyn Febriani Santoso-BAB IV_a.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0029-Evelyn Febriani Santoso-BAB V_a.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0029-Evelyn Febriani Santoso-DAPUS_a.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.M1.0029-Evelyn Febriani Santoso-LAMP_a.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Pada masa modern, generasi muda mulai perlahan meninggalkan kebudayaan asli Indonesia karena banyak terpengaruh oleh kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia. Salah satu kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia adalah budaya asal Korea Selatan yang berhasil disukai oleh masyarakat Indonesia. Budaya asal Korea Selatan ini sering disebut sebagai Korean Wave. Korean Wave masuk ke Indonesia salah satunya dengan K-drama yang sukses memiliki banyak penonton di Indonesia. Seiring berjalannya waktu tak sedikit masyarakat Indonesia yang menyukai budaya Korea Selatan dan yang sangat terlihat adalah gaya berpakaian. Masyarakat Indonesia banyak yang mengimitasi fashion Korea Selatan. Oleh karena itu penelitian ini berbicara tentang bagaimana perilaku imitasi fashion yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Pada penelitian ini subjek penelitian yakni remaja putri usia 17-22 tahun yang ada di Kota Semarang dan telah melakukan imitasi fashion Korea Selatan. Subjek penelitian sebanyak 10 orang. Metode yang digunakan yakni wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Semuanya dilakukan secara online karena mengingat bahaya covid19. Terdapat kesimpulan pada penelitian ini yakni informan mengimitasi fashion Korea Selatan dengan cara disesuaikan dengan selera masing-masing, tentunya dengan pertimbangan iklim dan kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan Korea Selatan. Maka dari itu memilihan fashion juga harus disesuaikan dengan kondisi informan. Perbedaan usia juga sedikit memperngaruhi pemilihan fashion. Usia 17-18 tahun lebih percaya diri dengan menggunakan fashion yang terbuka. Sedangkan usia 19-22 tahun lebih memilih fashion yang tertutup dan bisa dipakai untuk kegiatan formal. Kata Kunci : budaya Korea, K-drama, fashion, imitasi fashion

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 301 Sociology
300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Social Problems > Social Interaction
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 11 Jan 2023 06:10
Last Modified: 09 Feb 2023 01:46
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30564

Actions (login required)

View Item View Item