STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DALAMMEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTADIDIK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI SEMARANG

NABABAN, IDA (2022) STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DALAMMEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTADIDIK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI SEMARANG. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.

[img] Text
15.M1.0085-IDA NABABAN-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.M1.0085-IDA NABABAN-BAB I_a.pdf

Download (700kB)
[img] Text
15.M1.0085-IDA NABABAN-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
15.M1.0085-IDA NABABAN-BAB III_a.pdf

Download (254kB)
[img] Text
15.M1.0085-IDA NABABAN-BAB IV_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15.M1.0085-IDA NABABAN-BAB V_a.pdf

Download (235kB)
[img] Text
15.M1.0085-IDA NABABAN-DAPUS_a.pdf

Download (239kB)
[img] Text
15.M1.0085-IDA NABABAN-LAMP_a.pdf

Download (760kB)

Abstract

SLB Negeri semarang merupakan salah satu sekolah yang mewadahi anak-anak berkebutuhan khusus dimana sekolah ini menghasilkan anak berprestasi. Tentunya prestasi yang didapatkan tentu melalui bimbingan, pengajaran dan motivasi belajar yang di peroleh dari bimbingan guru.Dimana tentunya peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Semarang memiliki sifat dan karakter yang berbeda dimana anak tunagrahita memiliki sulit dalam berkonsentrasi, mudah bosan dan sukar mengendalikan diri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi instruksional guru dalam memberikan motivasi belajar pada peserta didik anak tunagrahita di SLB Negeri Semarang. Teori yang digunakan untuk mengupas penelitian ini adalah komunikasi pendidikan, komunikasi instruksional, strategi komunikasi instruksional, motivasi, dan tunagrahita. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam dan studi kepustakaan dengan subjek lima orang narasumber adalah guru SLB Negeri Semarang. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,dokumentasi, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi instruksional dalam memberikan motivasi belajar pada peserta didik SLB Negeri Semarang mengacu pada melakukan asesmen kemudian pendekatan individu dan media digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif dan yang terakhir penilaian, kemudian pada hasil temuan di lapangan dapat strategi komunikasi instruksional dalam memberikan motivasi belajar dapat digunakan, namun menunjukkan bahwa ada yang termotivasi dan tidak termotivasi. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Instruksional, Motivasi Belajar, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence > Motivation
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 06 Jan 2023 03:58
Last Modified: 06 Jan 2023 03:58
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30554

Actions (login required)

View Item View Item