Perencanaan Bisnis Rintisan Aplikasi Pelayanan Jasa "MentorKu”

Gustav, Stephen Jonathan (2022) Perencanaan Bisnis Rintisan Aplikasi Pelayanan Jasa "MentorKu”. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img] Text
17.N1.0001-Stephen Jonathan Gustav-COVER_a.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.N1.0001-Stephen Jonathan Gustav-BAB I_a.pdf

Download (413kB)
[img] Text
17.N1.0001-Stephen Jonathan Gustav-BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
17.N1.0001-Stephen Jonathan Gustav-BAB III_a.pdf

Download (268kB)
[img] Text
17.N1.0001-Stephen Jonathan Gustav-BAB IV_a.pdf

Download (2MB)
[img] Text
17.N1.0001-Stephen Jonathan Gustav-BAB V_a.pdf

Download (237kB)
[img] Text
17.N1.0001-Stephen Jonathan Gustav-DAPUS_a.pdf

Download (240kB)
[img] Text
17.N1.0001-Stephen Jonathan Gustav-LAMP_a.pdf

Download (962kB)

Abstract

Startup di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat, seiring dengan peningkatan jumlah pengguna layanan jaringan internet dan daya beli konsumennya. Kepopuleran layanan online atau internet mampu menjadikan pangsa pasar Indonesia tidak hanya menjadi target pasar penjualan tetapi juga tempat bagi para startup. Startup seringkali memulai atau mengembangkan bisnis yang baru saja dimulai dan identik dengan teknologi. Namun, tingkat pencapaian startup di Indonesia masih rendah. Kegagalan sebuah startup disebabkan oleh faktor manajerial seperti kurangnya pengalaman dan visi yang jelas dari para pendiri perusahaan, kurangnya fokus perusahaan dalam menjalankan bisnis atau kehabisan dana, dan faktor lain seperti tidak adanya kebutuhan pasar. (tidak perlu pasar). Berdasarkan latar belakang di atas, maka dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan startup layanan aplikasi yang akan dirancang dengan ruang lingkup di UNIKA Soegijapranata, karena UNIKA Soegijapranata memiliki forum kewirausahaan yang disebut Center for Student Entrepreneurship (CSE). Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah metode Waterfall yang memiliki 5 tahapan yaitu mendefinisikan dan menganalisis kebutuhan, merancang perangkat lunak dan sistem, mengimplementasikan dan menguji unit. Dampak dari perencanaan aplikasi MentorKu menunjukkan bahwa pengguna berencana untuk menggunakan aplikasi MentorKu dalam rangka meningkatkan produktivitas dalam mengembangkan bisnis startup dan berencana untuk menggunakan aplikasi MentorKu di masa depan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil uji statistik yang diperoleh setelah melakukan survei terhadap 60 responden dengan 5 variabel yaitu PE, EE, FC, HM dimana semua variabel tersebut dinilai korelasinya dengan variabel BI atau Behavioral Intention.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Dec 2022 06:24
Last Modified: 12 Dec 2022 06:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/30491

Actions (login required)

View Item View Item